Stok Beras Aman

Foto : Ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Bengkulu memastikan stok beras aman. Hal tersebut disebabkan pasokan beras di gudang Bulog Bengkulu mencapai 6.800 ton sehingga diyakini mampu memenuhi kebubutuhan masyarakat hingga beberapa bulan ke depan. Kepala Bulog Divre Bengkulu, Defrizal mengatakan, pasokan beras di Bengkulu masih aman, bahkan mencukupi hingga beberapa bulan ke depan.

“Sebanyak 6.800 ton itu jika diasumsikan untuk Bansos saja disalurkan 1.500 ton per bulan, artinya stock beras yang kita miliki tetap mampu mencukupi kebutuhan beras masyarakat di Provinsi Bengkulu dalam 5 bulan ke depan,” kata Defrizal, kemarin (10/2).



Dijelaskan, memasuki Februari dan Maret mendatang, petani memasuki musim panen sehingga bisa menambah penyerapan untuk penambahan stok beras. Untuk itu, masyarakat diimbau tidak perlu khawatir ataupun resah dengan kelangkaan beras. Mengingat stok beras dipastikan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Secara nasional saat ini stock beras yang dimiliki Bulog mencapai 2,1 juta ton.  Dengan fakta ini sangat kecil kemungkinan di Indonesia mengalami kelangkaan beras hingga beberapa waktu ke depan,” ujar Defrizal.

Selain itu, ia juga mengaku dengan stok yang ada tersebut, stabilitas harga beras di daerah dapat terjaga. Dalam menjaga stabilitas harga beras ini, pihaknya juga akan rutin melakukan Operasi Pasar (OP). Seperti yang dilakukan beberapa hari lalu menyalurkan beras yang tujuannya untuk menjaga stabilitas harga di pasaran. “Kegiatan yang sama bakal tetap kita lakukan, hingga nantinya tidak terjadi lonjakan harga berasdi pasaran Bengkulu,” tutupnya.(999)