Sri Sultan HB X Minta Masyarakat Jawa di Bengkulu Jadi Panutan

FOTO FIRMAN/BE – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X menyerahkan langsung seperangkat alat gamelan yang diterima oleh Dr Yanto SH MH

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dalam acara temu kangen masyarakat Jawa di Bengkulu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta isteri Gusti Kanjeng Ratu Hemas menyerahkan seperangkat gamelan kepada Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB). Acara tersebut juga menampilkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Pada kesempatan itu juga, Gubernur DIY berpesan agar masyarakat Jawa di Bengkulu dapat menjadi panutan masyarakat.

“Kepada masyarakat Jawa yang ada di Bengkulu, supaya selalu menjaga peradaban, selalu berbuat baik dan menjadi panutan masyarakat serta merasa menjadi penduduk Bengkulu, meski berasal dari Jawa,” kata Gubernur DIY itu.

Acara tersebut digelar di rumah budaya di Jalan Bumi Ayu 2, Kelurahan Bumi Ayu Kota Bengkulu, Jumat Malam (17/01), dengan dipadati warga sekitar dan dihadiri Gubernur Bengkulu, Kapolda Bengkulu, Direktur Utama Bengkulu Ekspress Media Group (BEMG), anggota DPRD Provinsi Bengkulu serta pejabat lainnya. Acara berlangsung dengan hangat dan kental dalam nuansa adat Jawa.

Gamelan yang diberika boleh Sri Sultan Hamengkubuwono X itu juga langsung diberikan nama olehnya yakni Kyai Udan Asih. Ia berharap gamelan tersebut dapat menjadi simbol hubungan erat masyarakat Jawa dan bisa ditampilkan untuk melestarikan kebudayaan adat Jawa. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*