Sri Sultan akan Kunjungi Bengkulu

FOTO: Sri Sultan Hamengku Buwono X

Serahkan Gamelan dan Wayang Kulit

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Raja Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X akan berkunjung ke Provinsi Bengkulu pada 17 Januari di Rumah Budaya kediaman Pak De Jito atau Sujito Kelurahaan Bumi Ayu II Kota Bengkulu.Kedatangan Gubenur DI Yogjakarta dalam rangka menyerahkan bantuan alat musik kesenian jawa gamelan dan wayang kulit kepada Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB).

Sri Sultan Hamengku Buwono X nantinya disambut oleh Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah. “Kita akan sambut dengan senang, atau kunjungan beliau ke Bengkulu,” ujar Rohidin kepada BE, usai menerima audensi pengurus PMJB di ruang kerja Gubernur Bengkulu, kemarin (13/1).

Tidak hanya Sri Sultan Hamengku Buwono X yang datang ke Bengkulu, Raja Kasultanan Yogyakarta akan didampingi oleh sang ratu Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Menurut Rohidin, kedatangan Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama sang ratu merupakan bentuk kebanggan masyarakat Bengkulu, khususnya masyarakat suku jawa. “Kita sambut sebagai tamu penting kita di Bengkulu,” tambahnya.

Dalam menyabut kedatangan Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama sang ratu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, telah menggelar rapat internal. Berbagai prosesi penyabutan akan dilakukan. Sebagai bentuk penghargaan kepada tamu kehoramatan Provinsi Bengkulu. “Rapat internal juga kita gelar, untuk persiapan penyabutan,” tambah Rohidin.

Sementara itu, pengurus PMJB, Slamet Riadi mengatakan, kedatangan Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama sang ratu ke Bengkulu, malamnya akan langsung dilakukan proses ramah tamah. Kemudian akan dilanjutkan dengan penyerahaan seperangkat alat musik gamelan. “Malamnya, langsung digelar wayang kulit semalam suntuk,” terang Slamet.

Acara wayangan semalam suntuk yang dipusatkan di rumah budaya, kediaman Pak De Jito Kelurahaan Bumi Ayu II Kota Bengkulu itu, sekalius temu kangen masyarakat jawa di Bengkulu. Terlebih acara itu juga dihadiri tamu spesial Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama sang ratu. “Kebetulan sudah tiga kali ini, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tentunya ini sekaligus temu kangen masyarakat jawa,” paparnya.

Selain Sri Sultan Hamengku Buwono X, sebelumnya pada bulan November lalu, PMJB juga kehadiran tamu istimewa yaitu Gubernur Jawa Tengah, Gajar Pranowo, dalam acara yang sama wayang kulit semalam suntuk. Atas acara yang akan digelar pada Jumat malam Sabtu mendatang itu, PMJB berharap, semua masyarakat bisa hadir dalam acara tersebut. Termasuk menyaksikan langsung acara wayang kulit semalam suntuk. “Harapan kami, semua masyarakat bisa hadir. Demi menyabut kehadiran Sri Sultan Hamengku Buwono X,” tutup Slamet. (151)