Sri Kuncoro Kembangkan Agro Wisata

IST/Bengkulu Ekspress
AGRO WISATA : Kades Sri Kuncoro, Romadhan bersama TP PKK Kecamatan dan Desa saat menyambangi kawasan agro wisata Cugung Buluwah, beberapa waktu lalu.

 Taman Bunga Ditengah Persawahan

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress – Kreativitas Pemerintah Desa (Pemdes) Sri Kuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dalam mengembangan agro wisata patut diapresiasi.
Kepala Desa (Kades) Sri Kuncoro, Romadhan menuturkan, pihaknya berencana untuk memanfaatkan lahan berupa datarangan tinggi yang terdapat di tengah area persawahan.

“Kami berencana membangun taman bunga yang diberi nama Cugung Buluwah. Panorama indah diatas hamparan sawah diyakini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,” kata Kades.



Mewujudkan wacana itu, pihaknya sudah membuka badan jalan dari pemukiman warga dengan jarak sepanjang 900 meter. Untuk diketahui, kata Kades, pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 1 haktera (Ha) sebagai kawasan Cugung Buluwah.

“Diatas lahan seluas 1 hektare itu nantinya akan dihiasi dengan pohon nangka mini madu yang merupakan ciri khas Desa Sri Kuncoro. Kedepan, kami juga akan melengkapi agro wisata degan berbagai wahana permainan anak dan gazebo sebagai tempat beristirahat pengunjung,” tandasnya.

Selain bisa menjadi icon pariwisata unggulan, Cugung Buluwah nantinya diharapkan mampu menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat.

Keberadaa agro wisata diyakini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan desa dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. “Sejauh ini, pembukaan badan jalan serta pematangan lahan dilakukan secara swadaya masyarakat. Kamipun berharap ada dukungan dan partisipasi dari Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dalam membangun sarana dan prasana pendukung. Setidaknya, pengerasan jalan. Semoga impian kami menjadikan Desa Sri Kuncoro sebagai desa wisata bisa terwujud,” kata Kades penuh harapan.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*