SPj Penggelolaan BOS Lemah

bos
Foto : IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Jajaran Inspektorat daerah (Ipda) Kabupaten Mukomuko, hingga saat ini masih melakukan pengawasan dan pemeriksaan dalam penggunaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS). Terutama pada sekolah penerima di Kabupaten Mukomuko. Sejauh ini Ipda masih banyak menemukan lemahnya sumber daya manusia (SDM) bendahara di sekolah-sekolah dalam membuat laporan surat pertanggungjawaban (SPj).

Kepala Inspektur Inspektorat Daerah (Ipda) Kabupaten Mukomuko Sukiman saat dikonfirmasi BE kemarin (16/5) mengatakan, “Masih cukup banyak kelemahan dalam laporan SPj. Kalau dugaan penyalahgunaan dan penggelolaannya belum ditemukan adanya indikasi penyimpangan,” katanya.

Sukiman menyarankan supaya bendahara sekolah diberikan bimbingan teknis (Bimtek) untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan SDM.Selain itu, ia juga menyarankan agar bendahara di sekolah tidak diangkat dan diberhentikan kepala sekolah (Kepsek).Ini untuk meminimalisir dan menghindari adanya ketidakcocokan antara kepsek dan bendahara.

”Contohnya jika kepsek tidak sejalan dengan bendahara. Maka bendahara itu langsung diberhentikan dan diganti dengan bendahara lain. Padahal bendahara yang diberhentikan,SDMnya lebih baik.Yang jelasnya tingkat SDM bendahara di sekolah, karena masih banyak ditemukan laporan SPj yang masih sangat lemah,” demikian Sukiman. (900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*