SPEKTRA “Sentuh Hati” Guru SMKN 1

2. Endang/Bengkulu Ekspress SMKN 1 Kota Bengkulu, kembali mengadakan pembinaan Pembinaan Karakter Pola Imtak Terpadu
2. Endang/Bengkulu Ekspress
SMKN 1 Kota Bengkulu, kembali mengadakan pembinaan Pembinaan Karakter Pola Imtak Terpadu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Sebagai upaya mewujudkan tenaga pendidik berkarakter emas, SMKN 1 Kota Bengkulu kembali mengadakan pembinaan Pembinaan Karakter Pola Imtak Terpadu. Kegiatan yang digelar di SMKN 1 ini, selaras dengan Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) dalam penguatan pendidikan karakter, sekaligus mendukung program Bengkuluku Religius.

Acara itu mendapat apresiasi Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Dengan menunjuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu yang juga Penjabat Wali kota Bengkulu, Drs. Budiman Ismaun MPd untuk membuka kegiatan tersebut.



“Education training para guru dapat memberikan bekal dan pembentukan karakter para guru. Barulah mereka bisa mentrasnferkan ilmu dengan baik pada siswanya. Guru itu digugu dan ditiru,” kata Budiman.

Ia berharap kegiatan ini bisa dikembangkan atau ditularkan pada sekolah lain.  Sementara itu, Kepala SMKN 1 Kota Bengkulu Dra Hj Evriza MPd menuturkan, kegiatan ini menghadirkan 6 mentor dari Spiritual Education Training (Spektra) dari Sumatera Barat.
“Mereka mengugah hati para guru. Tugas guru bukan hanya mengajar/mendidik, tetapi bagaimana bisa peduli dengan ahlak dan masalah siswa,” imbuhnya.

Materi yang disampaikan bagaimana menjadi seorang guru berkarakter emas, bagaimana mensucikan diri, bersama Alquran. Dengan mabit ini semua peserta tersentuh dan memberikan perubahan positif sehingga memberikan layanan prima, senyum sapa tanpa adanya kekerasan.

“Semua harus dilakukan dengan sentuhan hati, maka kemanapun akan bisa. Dukungan Gubernur dan Kehadiran Kadis Dikbud, yang telah memberikan bantuan, jika diamalkan akan mengalir dunia akhirat sehingga SMKN 1 benar-benar menjadi sekolah rujukan bagi sekolah lainnya,” tutupnya. (247/krn)