Spanyol Kalahkan Italia Lewat Adu Penalti

spanyolSpanyol akhirnya memenangi partai semifinal kontra Italia melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0 sampai babak perpanjangan waktu. Di babak final, Spanyol akan berhadapan dengan Brasil.

Bertanding di Estadio Castelao, Fortaleza, Jumat (28/6/2013), Jesus Navas memastikan kemenangan La Furia Roja 7-6 di babak tos-tosan setelah tembakan bek Gli Azzurri Leonardo Bonucci melenceng.

Pertandingan itu sendiri berjalan seru dan menegangkan. Spanyol dan Italia saling jual beli serangan namun hingga waktu 120 menit tidak mampu menciptakan gol.

Laga final antara Brasil kontra Spanyol akan digelar di Estadio do Maracana pada Minggu (30/6) mendatang. Sementara Italia akan menghadapi Uruguay dalam perebutan tempat ketiga di hari yang sama.

Spanyol langsung mengambil inisiatif serangan. Ancaman pertama lahir dari kaki Pedro Rodriguez di menit kedua lewat tendangan mendatar dari lur kotak penalti melebar tipis dari gawang Italia.

Serangan balik cepat Italia. Memperoleh bola di dalam kotak penalti, eksekusi Emanuele Giaccherini masih jauh dari memuaskan.

Tekanan Italia lagi di menit kedelapan. Tendangan penjuru Andrea Pirlo tiba di kotak, disambut oleh sundulan Christian Maggio. Bola melambung tipis di atas mistar gawang Iker Casillas.

Lagi-lagi serangan balik berbahaya dari Italia. Akselerasi Antonio Candreva diakhiri dengan umpan silang mendatar, diteruskan Alberto Gilardino namun sepakannya masih melebar.

Christian Maggio! Sundulannya hasil umpan matang Daniele de Rossi memaksa Casillas melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-17.

Italia terus menciptakan peluang. Diving header De Rossi dan tandukan Claudio Marchisio masih melenceng.

Italia mendapatkan sebuah peluang emas di menit ke-36. Bola umpan Giaccherini diterima oleh Maggio yang berada dalam posisi bebas. Sayang sekali, sundulannya terhalang Casillas.

Torres! Serangan balik Spanyol juga menciptakan peluang emas. Mendapat bola dari Xavi, Torres dengan sekali kontrol mengakhiri dengan sepakan kaki kiri ke tiang jauh. Masih melebar.

Peluang lagi didapatkan Spanyol menjelang turun minum. Andres Iniesta mengirim umpan ke kotak penalti, Xavi yang ada di depan gawang tidak mampu menjangkaunya.

Jesus Navas, yang menggantikan David Silva langsung menebar ancaman. Menerima operan Torres, Navas dari sudut sempit melepaskan tendangan tapi bisa diselamatkan Gianluigi Buffon.

Di menit ke-64, giliran Iniesta membuat peluang. Tembakan gelandang Barcelona itu masih jauh dari sasaran.

Enam menit kemudian, operan Jordi Alba di sisi kiri diterima oleh Pedro. Akan tetapi, eksekusi akhirnya masih gagal.

Pique! Lima menit sebelum waktu normal laga berakhir, Pique melewatkan peluang mencetak gol karena tendangannya dari tengan kotak melambung tinggi.

Ramos gagal menyundul bola tendangan bebas Xavi di detik-detik terakhir. Sampai 2×45 menit skor masih 0-0 dan berlanjut ke perpanjangan waktu.

Giaccherini! Tembakannya membentur tiang gawang Spanyol setelah meneruskan bola rebound.

Spanyol merespons lewat sundulan Pique namun De Rossi dengan sigap menyapu bola di depan gawang. Peluang lain datang dari Alba yang menyambut umpan lambung Iniesta.

Tendangan bebas dari posisi berbahaya diberikan kepada Spanyol setelah wasit menganggap ada pelanggaran terhadap Iniesta. Eksekusi Xavi masih melambung di atas gawang Buffon.

Xavi! Tendangannya dari luar kotak ditepis Buffon sebelum membentur tiang, bola diterima Martinez untuk dioperkan kepada Mata yang ada di depan gawang tapi gagal dijangkau.

Tidak ada gol yang tercipta sampai babak tambahan waktu. Pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Di adu tos-tosan, lima penendang masing-masing tim sukses melakukan tugasnya. Penendang keenam Italia Leonardo Bonucci gagal dan Navas yang tampil sebagai penendang terakhir Spanyol sukses melakukan tugasnya untuk memastikan lolos ke final.

Susunan pemain
Spanyol: 1-Iker Casillas; 17-Alvaro Arbeloa, 3-Gerard Pique, 15-Sergio Ramos, 18-Jordi Alba; 16-Sergio Busquets; 8-Xavi Hernandez, 6-Andres Iniesta; 21-David Silva (22-Jesus Navas 53), 11-Pedro Rodriguez (13-Juan Mata 79); 9-Fernando Torres (4-Javi Martinez 94)
Pelatih: Vicente del Bosque

Italia: 1-Gianluigi Buffon; 2-Christian Maggio, 15-Andrea Barzagli (18-Riccardo Montolivo 46), 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 16-Daniele De Rossi, 21-Andrea Pirlo, 8-Claudio Marchisio (7-Alberto Aquilani 80); 6-Antonio Candreva, 22-Emanuele Giaccherini; 11-Alberto Gilardino (10-Sebastian Giovinco 91)
Pelatih: Cesare Prandelli

Wasit: Howard Webb (Inggris)