Spanyol Habisi Irlandia, 4-0

Spanyol perkasa. Kemenangan telak 4-0 membuat, tim Republik Irlandia tersingkir.  Kendati menang pada pertandingan terakhir versus Italia, Irlandia tetap tidak akan lolos. Sementara bagi Spanyol, kemenangan tersebut menjadikan mereka pemuncak grup C.  Spanyol mengantongi 4 point hasil satu kali menang dan satu kali seri. Namun Spanyol unggul selisih gol.

Di PGE Arena, Jumat (15/6/2012) dinihari WIB, Fernando Torres dengan cepat membuat Spanyol memimpin saat pertandingan baru berjalan sekitar empat menit. Empat menit memasuki babak kedua, Spanyol yang tampil sangat dominan baru bisa menambah keunggulan melalui gol yang dicetak oleh David Silva.

Torres kemudian mencetak gol keduanya di dalam pertandingan lewat aksinya pada menit 70. Cesc Fabregas, yang masuk menggantikan Torres, lantas menutup pesta kemenangan Spanyol di menit ke-83.

Man of The Match

Gelar  Man Of The Match pantas disandang Fernando Torres. Hal ini melihat hasil signifikan yang ia berikan dalam pertandingan. Gol cepat yang ia cetak membuat kepercayaan diri tim Spanyol. Gol tersebut membuat Spanyol memimpin saat pertandingan belum genap berjalan empat menit. Dari sebuah serangan yang dibangun Spanyol, Torres berhasil mencuri bola dari pemain belakang lawan lalu melepaskan tendangan keras yang tak bisa dibendung Given.

Tiga menit kemudian Spanyol mengancam lagi. Kali ini Silva melepaskan sebuah tendangan keras di tepi kotak penalti, meski arahnya tepat ke Given. Sebuah peluang kembali hadir untuk Torres pada menit sembilan. Sundulan dari Arbeloa membuat bola mengarah ke Torres meski kemudian hasil sepakannya masih mengirim si kulit bundar melebar dari sasaran.

Setelah itu, Spanyol terus menguasai permainan. Dengan penguasaan bola dan umpan-umpan terobosan, mereka tak mengalami kesulitan berarti mengacak-acak pertahanan lawan, melakukan penetrasi, dan menciptakan peluang.

Pada menit ke-8 dan ke-26, misalnya, Torres dan Gerard Pique melepaskan tembakan dari jarak dekat, yang meleset dari sasaran. Pada menit ke-7 dan ke-17, Silva dan Pique melepaskan tembakan akurat, tetapi kandas di tangan Given.

Menjelang turun minum, Andres Iniesta melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti, yang menyasar celah di antara kepala Given dan Mistar. Namun, Given bisa membuang bola.

Irlandia sendiri sempat memberikan perlawanan, terutama pada sepuluh menit pertama. Pada menit kedua, misalnya, Simon Cox melepaskan tembakan jarak jauh, yang diantisipasi Casillas. Pada menit ke-8 dan ke-9, Keith Andrews dan Dunne melepaskan tembakan, yang gagal menemui sasaran.

Setelahnya, Irlandia masih berusaha mengalirkan serangan setiap kali menguasai bola. Namun, mereka kerap kehilangan bola di tengah jalan dan kemudian kembali tertekan.

Spanyol kembali menyerang di awal babak kedua. Arbeloa yang sedang ikut membantu serangan kembali mendapatkan peluang, meski tembakannya masih bisa dibendung Given.

Spanyol akhirnya menambah keunggulan di menit 49. Iniesta melepaskan tembakan yang masih bisa ditepis Given. Sial untuk Irlandia, bola justru mengarah ke Silva. Setelah mengecoh pemain belakang, ia melepaskan tembakan yang bersarang di dalam gawang Irlandia.

Given masih terus dipaksa bekerja keras. Pada menit 56, tendangan Xavi melewati kedua kaki Dunne dan melesat ke gawang Irlandia. Given meregangkan tubuh dan bisa menepisnya.

Sebuah serangan dilancarkan Irlandia pada menit 66. McGeady melepaskan umpan silang ke depan gawang dan Ramos yang tidak mau ambil risiko langsung menanduk bola ke luar lapangan.

Torres mencetak gol keduanya di dalam pertandingan pada menit 70. Lolos dari jebakan offside usai menerima umpan Silva, Torres berlari meninggalkan dua pemain lawan dan kemudian menaklukkan Given.

Keane mencatatkan peluang untuk Irlandia pada menit 75. Mendapat bola di sisi kiri, ia melepaskan tembakan yang masih bisa ditepis oleh Casillas seraya menjatuhkan diri.
Giliran Fabregas yang menjebol gawang Irlandia pada menit 83. Dari sudut sempit di sisi kiri arah gawang, ia menerima bola sepak pojok lalu menendangnya ke dalam gawang Given.

Susunan pemain

Spanyol: 1-Iker Casillas-15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 17-Alvaro Arbeloa; 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso (Javi Martinez 65′),, 8-Xavi; 6-Andres Iniesta (Cazorla 80′), 9-Fernando Torres (Fabregas 74′), 21-David Silva

Irlandia: 1-Shay Given; 2-Sean St. Ledger, 5-Richard Dunne, 3-Stephen Ward, 4-John O’Shea; 8-Keith Andrews, 6-Glenn Whelan (Green 80′), 7-Aiden McGeady, 11-Damien Duff (McClean 77′); 20-Simon Cox (Walters 45′), 10-Robbie Keane

Wasit: Pedro Proenca