Sosialisasikan Pencegahan Covid-19, Kodim Rejang Lebong Gandeng Perguruan Silat

Ary/BE
Dandim bersama para juri berfoto bersama dengan para pemenang pertandingan pencak silat yang dilaksanakan Kodim 0409/Rejang Lebong, Rabu (12/8).

CURUP, bengkulu ekspress.com– Kodim 0409/Rejang Lebong terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan penularan Covid-19 khususnya di Kabupaten Rejang Lebong. Salah satu upaya yang dilakukan Kodim 0409/Rejang Lebong yang itu dengan menggandeng perguruan silat di Kabupaten Rejang Lebong.
Digandengnya para pendekar atau perguruan silat di Rejang Lebong sebagai agen sosialisasi pencegahan Covid-19 yaitu dengan menggelar pertandingan pencak silat yang dilaksanakan Rabu (12/8) kemarin.
“Salah satu tujuan kegiatan ini kita ingin mengajak para pendekar-pendekar silat sebagai agen sosialisasi 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terang

Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Inf Sigit Purwoko SE usai membuka kegiatan yang dipusatkan di gedung Adam Futsal Kota Curup.
Selain mengajak para praktisi silat di Rejang Lebong untuk mensosialisasikan, kegiatan yang merupakan bagian dari Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif, pertandingan pencak silat juga dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-74 Republik Indonesia serta menjalin silaturahmi antara pendekar silat yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.
“Kegiatan ini juga sebagai upaya pelestarian pencak silat sebagai warisan leluhur bangsa kita,” tambah Dandim.

Terlebih lagi menurut Dandim, olahraga pencak silat saat ini masih sangat familiar di masyarakat Rejang Lebong. Karena hampir setiap masyarakat Rejang Lebong mengetahui bahkan menguasai pencak silat. Dengan kegiatan tersebut, menurut Damdin diharapkan bisa membangkitkan lagi semangat para pendekar pencak silat setelah sebelumnya sempat vakum karena pandemi Covid-19.
Sementara itu, Ketuap IPSI Rejang Lebong Riki Pernando kegiatan tersebut diikuti oleh 24 peserta dari 23 perguruan silat yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga bentuk pertandingannya bukan pertarungan namun pertandingan yang dilaksanakan yaitu cabang baku tunggal putra-putri. Jurus-jurus yang dipertandingkan mulai dari tanpa alat, menggunakan alat baik tongkat maupun golok.

Beberapa perguruan pencak silat uang ikut meramaikan kegiatan ini, antara lain: PSHT (Persatuan Seti Hati Terate), Tapak Suci, Persinas Asad, SMI (Satria Muda Indonesia), Al azhar, Sabit Emas, Persinaga Indonesia, Pensil Sakti, Naga Hijau, Bayu Geni, Tribela, dan Bunga Teratai.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Kodim 0409/Rejang Lebong yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, mudah-mudahan kedepannya pencak silat akan semakin berkembang lagi di Kabupaten Rejang Lebong,” harap Riki.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*