Sosialisasi Sadar Gizi, Gelar Lomba Bayi Sehat

KEPAHIANG, BE – Penyakit gizi buruk menjadi perhatian serius Pemkab Kepahiang. Melalui Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten sosialisasi mengantisipasinya terus digencarkan. Salah satunya dengan menggelar lomba bayi sehat se-Kabupaten Kepahiang.
“Peningkatan kesehatan bayi memang sudah sangat perlu dilakukan. Karena bagaimanapun juga seorang balita nantinya merupakan generasi penerus bangsa. Dengan begitu artinya kesehatan sangat penting sejak usia balita sehingga dapat menjadi penerus yang berkualitas. Kalau sejak balita sakit-sakitan, bagaimana dengan masa depan mereka. Begitu juga dengan masa depan daerah ini,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang Hj Ice Rakiza Bando saat acara lomba bayi sehat di Dinkes Kepahiang, kemarin.
Dikatakan Ice, melalui kegiatan ini pihaknya menyampaikan secara langsung kepada orang tua menyangkut peran untuk selalu menjaga kesehatan anak-anaknya. Begitu pula asupan gizi yang juga berpengaruh terhadap kesehatan anak balita.
“Sebenarnya dalam meningkatkan kesehatan anak sejak usia balita ini peran orang tua sangatlah dibutuhkan. Baik itu berupa pemberian asupan gizi ataupun berbagai hal yang berpengaruh terhadap kesehatan anak,” terang Ice.
Sementara itu, panitia penyelenggara lomba bayi sehat Eli Yustuti SKm menyampaikan jika kegiatan perlombaan bayi sehat ini merupakan salah satu cara untuk mensosialisasikan pentingnya peningkatan kesehatan anak sejak usia mulai dari 4 bulan hingga 5 tahun.
“Target yang kita inginkan dari kegiatan ini agar sebenarnya adanya peran dari orang tua terutama dalam meningkatkan kesehatan bagi balitanya mereka masing-masing. Hal ini agar nantinya berbagai ancaman seperti gizi buruk bisa diminimalisir,” katanya.
Dikatakannya, perlombaan bayi sehat ini merupakan kegiatan Pokja 4 TP PKK Kabupaten Kepahiang. Dalam perlombaan kali ini diikuti sekitar 54 orang bayi dan balita dari berbagai kecamatan di kabupaten Kepahiang.
“Kegiatan ini diikuti setidak-tidaknya 5 orang perwakilan dari tiap kecamatan. Setelahnya kita harapkan perwakilan yang hadir di sini dapat menyampaikannya kepada masyarakat secara luas,” jelasnya.(505)