Sosialisasi E-Bos Ditutup

Endang/BE

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Sosialisasi elektronik Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hari kedua kemarin (5/12), dilanjutkan dengan ujicoba aplikasi operasional Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (E-RKAS). Ratusan operator tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta se-kota Bengkulu, yang telah mengikuti ujicoba aplikasi e-RKAS dinilai sudah mampu menerapkan program tersebut ditahun 2020. Usai ujicoba aplikasi Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Bengkulu, pun menutup kegiatan ini kemarin (5/12).

“Semoga tata cara penggunaan aplikasi E-Bos nanti bisa diterapkan dan memudahkan sekolah dan dinas dalam mencatat laporan keuangan BOS secara online” jelas Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Beni Rasdiwansyah.

Rencana kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) adalah dokumen yang berisikan rencana program pengembangan sekolah yang disusun berdasakan Rencana Kerja Sekolah (RKS). Diharapkan dengan aplikasi ini pelaporan BOS akan tepat waktu dan tercatat, transparansi dan akuntabel dan memudahkan sekolah dalam pelaporan realisasi penggunaan dana.

“Pengelolaan dana satuan pendidikan harus dilakukan secara transparan dan akutanbel.Dengan begitu pengelolaan dana Satuan pendidikan yang transparan dan akutanbel merupakan upaya dalam mencapai mutu pendidikan,” tutupnya. (247)