Soroti Sampah, Hingga Lampu Jalan

Melongok Aktifitas Perdana Kapolda Bengkulu

Pribahasa lain orang lain pula gayanya, tergambar dalam sosok kepemimpinan Kapolda Bengkulu yang baru, Brigjen Drs Albertus Julius Benny Mokalu, SH. Pada hari kerja perdananya kemarin, sebelum menuju ruang kerjanya di Gedung Mapolda Lantai II, Jebolan AKABRI angakatan 1985 ini  menyempatkan diri mengelilingi Mapolda, guna mengetahui kondisi sekitar Mapolda. Dari Inspeksi mendadaknya itu, Kapolda menyoroti berbagai hal, mulai dari sampah yang menumpuk, taman tak terurus, hingga lampu jalan di Bengkulu yang tak menyala.

Seperti apa suasana Sidak Sang Kapolda?

Novriyanto, Bengkulu

Setelah turun dari mobil dinasnya sedan mewah Merek Hyundai, Kapolda langsung Sidak keberapa ruangan di gedung utama  Mapolda. Begitu masuk mata Mantan Kapolres Kupang ini langsung tertuju pada tumpukan sampah dan lantai yang sedikit  kotor. Melihat kondisi ini, Kapolda  langsung menginstruksikan anggota membersihkan tempat tersebut.

“Saya suka bersih sehingga selalu terasa segar dan enak bekerja,” ucap Kapolda, kemarin saat dicegat wartawan.  Selain persoalan kebersihan, Perwira tinggi (Pati) asal Manado,Sulawesi Utara ini juga menyoroti  taman di Mapolda yang tidak terawat. Dalam kesempatan itu, Kapolda meminta bagian depan taman Mapolda di dekat jalan diserahkan pengelolaannya ke tukang bunga, sebagai tempat berjualan. Sehingga lingkungan Mapolda bisa dipenuhi bunga secara gratis. Imbal baliknya, tukang bunga tidak perlu membayar uang sewa, cukup  menjaga kebersihannya saja.

Selain dua hal itu, Pati spesialis serse itu, juga menyinggung lampu atau penerangan dilingkungan Mapolda, Mapolres  hingga ke Polsek yang gelap, terutama pada malam hari. Karena lampu tidak menyala.  Walaupun banyak tiang lampu disepanjang jalan, namun tak ada yang menyala. Terutama di jalan protokol di Kota Bengkulu itu.  Hingga pada malam hari Bengkulu gelap gulita. Kapolda menyadari betul kondisi  gelap, rawan tindak kejahatan. Untuk mengantisipasi hal itu, Kapolda mengagas penggunaan lampu daya matahari saja. Nantinya, lampu tenaga surya dipasang baik Mapolda, Mapolres dan Mapolsek.  Solusi ini dianggap cukp baik,  selain markas kepolisian menjadi terang – benderang juga akan mengirit  biaya pengeluaran lampu.  Selain itu, lampu energi matahari  itu, juga praktis dan enak. (**)