Sorot Suprapto Semrawut, Saran Berdayakan Pedagang

Pertemuan Kapolda dengan Kapolres dan Pejabat Kota

TELUK SEGARA, BE – Pasca mengunjungi Direktorat yang ada di Polda Bengkulu pada Hari Senin (15/10) lalu. Kemarin Kapolda Bengkulu Brigjend Albertus Benny Mokalu,SH berkunjung ke Mapolres Bengkulu. Disini Kapolda melakukan pertemuan dengan Walikota H. Ahmad Kanedi,SH,MH. Beserta pejabat Dinas Pertamanan, Tata Kota, Dishub Kota, PU, BPPT, Bapeda, Satpol PP dan Disperindag Kota. Pertemuan ini difasilitasi oleh Kapolres Bengkulu AKBP H Joko Suprayitno SST  MK di Aula Mapolres Bengkulu. Dalam pertemuan ini Kapolda yang baru di Bengkulu menyoroti jeleknya kondisi ikon Bengkulu Kawasan Jalan Suprapto. Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Pusat Pertokoan di Kota Bengkulu ini terlihat gersang dan semrawut. Atas kondisi ini Kapolda Albertus menyarankan dan meminta Walikota Ahmad Kanedi memberdayakan pedagang, khususnya pedagang bunga untuk memperindah dan mempercantik sekaligus menyejukkan Kawasan Suprapto tersebut.

Bagaimanakah Jalannya Pertemuan Itu?
Berikut Laporannya
Jefrianto-Bengkulu

Rupanya walaupun belum lama menetap di Kota Bengkulu, Kapolda Albertus Benny Mokalu memperhatikan kondisi Kota berjulukan Bumi Putri Gading Cempaka ini dari segala aspek. Kapolda tidak hanya menitikberatkan tugasnya pada keamanan dan ketertiban masyarakat semata.

Namun ia pun memperhatikan dan menilai kebersihan, keindahan, dan penataan Kota Bengkulu. Sorotan mata Kapolda tertuju pada ikon Bengkulu di Kawasan Jalan Suprapto.

Kawasan ini kondisinya dirasakan Kapolda gersang dan semrawut. Hal ini bisa membuat citra Kota Bengkulu dimata masyarakat khususnya pengunjung dari luar jatuh. Orang akan menilai kalau pusat kotanya saja semrawut apalagi kondisi sudt kota yang lain.

Karenanya Kapolda Albertus mengajak Pemerintah Kota dalam hal ini Walikota Ahmad Kanedi beserta bawahan para kepala dinasnya membenahi Kota Bengkulu, khususnya kawasan Jalan Suprapto.

“Saya hanya menyampaikan dan peduli saja dengan Kota Bengkulu ini, ternyata ikonnya Kota Bengkulu kurang terawat dan sedikit semrawut. Saya lebih mensuport dengan mendukung dan membantu Pemda Kota. Disini perlu kerjasama, kordinasi atau saling tukar ide pikiran bersama semua elemen.

”Saya sarankan agar melibatkan pedagang bunga untuk memajang bunga daganganya di Jalan Suprapto. Sehingga Jalan Suprapto nanti tampak lebih indah, semarak dan sejuk ” terang Kapolda Albertus Benny Mokalu.
Ternyata ide cemerlang ini timbul dari sejumlah pendidikan yang telah dilalui Kapoldasebelum menjabat Kapolda Bengkulu. Kapolda sering ke Negara Thailand dan Amsterdam, Belanda.

Bahkan salah seorang anak Kapolda pun saat ini ada yang bersekolah di luar negeri.
Negara luar itu kata Kapolda, mengelola kotanya sangat bagus. Salah satunya dengan melibatkan sejumlah pedagang tanaman hias dan bunga.  Pedagang ini diberikan lahan untuk berjualan dilokasi strategis kota. Dengan catatan mereka juga harus mengelola lokasi tersebut dan memasang bunga yang indah disana.

Lebih lanjut Kapolda mencontohkan program dinegara luar itu bisa diterapkan pula di Kota Bengkulu. Kawasan Simpang Lima dan Sepanjang pusat pertokoan di Jalan Soeprapto itu pun bisa digunakan pedagang tanaman hias dengan memajang dagangannya disana.

Sehingga terbentuk  taman-taman kota yang indah. Selain itu Kapolda juga mewarning Walikota untuk menghidupkan lampu jalan. Sehingga pada malam hari suasana kota menjadi lebih indah dan terang. Selain itu dengan penerangan jalan, keamanan lebih terjaga.

Pernyataan Kapolda ini mendapat apresiasi positif dari Walikota Ahmad Kanedi dan sejumlah pejabat yang hadir dalam pertemuan itu. Walikota Ahmad Kanedi yang akrab disapa Bang Ken menyatakan segera menjadwalkan pertemuan dengan pengelola kawasan Suprapto dan para pedagang bunga.

Untuk membahas dan merealisasikan saran Kapolda Albertus tersebut. Tentunya juga berkoordimasi dengan Polres Bengkulu agar program itu lebih efektif pelaksanaannya. “Saya harap seluruh bawahan saya mencatat ide dari Bapak Kapolda ini. Kita akan laksanakan,”terang Bang Ken. (333)