Soal UN Menjebak

Zailin SufliImbauan kepada murid kelas akhir diseluruh sekolah yang sebentar lagi akan mengikuti ujian nasional (UN). Saat dibagikan soal ujian unas harus teliti dibaca dan ditelaah, serta dipahami. Karena jika soal hanya dibaca sekilas intisari dari paragraf soal sering membuat bingung. Bahkan sering menjebak siswa bilamana dihadapkan dengan dua jawaban hampir sama.
“Kalau tidak hati – hati bisa salah isi,” ungkap  Zailin Sufli, S.Pd guru SMP Negeri 4 Talang Empat.
Menurutnya,  soal menjebak bukanlah hal baru yang dianggap enteng. Karena jika siswa salah menjawab mempengaruhi nilai UN, dan dikhawatirkan siswa tidak lulus ujian.
“Banyak sekali pengalaman tahun sebelumnya, soal yang menjebak buat siswa bingung dan akhirnya tidak capai syarat kelulusan,” katanya.
Dijelaskannya, misalnya seperti pelajaran yang dia ajarkan sendiri Bahasa Indonesia. Peserta diminta harus berulang membaca point soal. Karena salah memberi makna atau memahami bisa salah jawaban.
“Bahasa Indonesia salah satu pelajaran yang mudah, tetapi sering menjatuhkan nilai siswa saat IN. Itu karena tidak fokus membaca soal,” imbuhnya.
Ia menambahkan, bahasa Indonesia yang perlu ditelaah adalah pemahaman tanda baca, persamaan kata, penulisan huruf kapital, bercerita dan cari makna dalam kalimat yang banyak menggunakan istilah bahasa Indonesia.
“Bayangkan saja, jika salah letakkan tanda baca atau salah tulis huruf kapital, dapat membuat jawaban siswa salah saat dikoreksi,” tambahnya.  (111)