Soal Mobnas Alphard, Banggar DPRD Kepahiang Tak Konsisten

KEPAHIANG, BE – Sikap Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepahiang dinilai tidak konsisten. Soalnya, saat pembahasan APBD 2012, Banggar dengan tegas menolak pembelian mobil dinas (Mobnas).

Kecuali Mobnas bagi ambulance, Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) dan pengangkut sampah. Nyatanya, tahun ini Wakil Bupati Kepahiang Bambang Sugianto SH MH telah mendapat mobil dinas (mobnas) jenis Toyota Alphard Type G A/T yang diduga menghabiskan anggaran sekitar Rp 800 juta.

Anggota Banggar DPRD Kepahiang Edwar Samsi SIP MM berdalih Wabup saat ini belum memiliki Mobnas. Mobil jenis Toyota Fortuner yang acap kali digunakan merupakan bekas mobnas Wabup periode sebelumnya. “Sebenarnya soal itu, Banggar sudah lama menyetujui sejak APBD Perubahan 2010. Namun belum dapat direalisasikan. Sehingga baru bisa diluncurkan pada tahun 2012 ini,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan pertimbangan pihaknya selaku Banggar, Wabup memang perlu memiliki kendaraan jabatan itu. Namun mengenai nominal yang dianggarkan untuk pembelian mobil tersebut dirinya tidak mengetahui persis jumlahnya. Namun, berkisar antara Rp 500 Juta – 800 Juta.

“Nominalnya saya tidak begitu ingat berapa yang dianggarkan. Namun berdasarkan pertimbangan Banggar saat itu, Wabup memang perlu kendaraan itu,” jelasnya.
Dijelaskannya, mengenai pembelian mobnas itu tidak perlu dibesar-besarkan. Selain itu, memang sudah dibahas Banggar dan TAPD secara bersama.

“Sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan. Toh, pembelian mobnas Bupati jenis Jeep Wrangler juga tidak masalah, karena dinilai perlu,” tambah Edwar.(505)