Soal BLSM, DPRD Panggil BPS dan Pemda

DSC_0412TAIS, BE- Guna mengantisipasi  terjadinya masalah terkait penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan tidak tepat sasaran kepada penerimanya. Dipastikan DPRD Seluma berencana memanggil Pemerintah kabupaten Seluma dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kkabupaten Seluma  guna mencari solusi akan kesenjangan pembagian BLSM termasuk pada pembagian raskin.

“Pembagian raskin saja bermasalah apalagi pembagian BLSM. Kami akan minta BPS tidak menggunakan data yang tahun-tahun lama melainkan menggunakan data yang terbaru,”ujar Wakil Ketua II DPRD Seluma Ir Mukhlis Thohir kepada BE diruang kerjanya kemarin

Untuk  pendataan ulang bukanlah gampang dan memakan waktu yang cukup lam. Terpenting saat ini bagaimana Pemda dan BPS  mengantisipasi masalah yang ada saat ini. DPRD Seluma juga tidak menginginkan  adanya konflik karena pembagian BLSM yang tidak merata.
“Pada pembagian raskin  banyak warga yang tidak miskin  menerima, apalagi dalam pembagian BLSM nantiknya,”terangnya.

Hendaknya  BPS dapat bekerjasama dengan pemerintah desa dalam  mendata warga kabupaten Seluma yang benar-benar miskin. Dimana perangkat desa inilah yang secara detail mengetahui seluk beluk warganya. Jika ini dapat ditindak lanjuti maka akan sedikit mengurangi gejolak dan tidak meratanya pembagian raskin dan BLSM kedepannya.

“ Kalo saat ini akan kembali mendata justru akan membuang waktu dan memakan waktu yang cukup lama pula. Terpenting koordinasi antar seluruh pihak juga diperlukan guna mencapai hasil yang diharapkan,”terangnya.(333)