SMPN IT, PPDB SMPN 13 Lebih Awal

Endang/BE
SMPN 13 ditunjuk walikota sebagai sekolah negeri dengan konsep Islam Terpadu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pelaksanaan PPDB tingkat SMP dimulai pada 25 juni- 4 Juli 2020. Meski begitu, ada sekolah yang telah membuka dan melakukan perekrutan siswa lebih awal, yakni SMPN 13. Sekolah ini ditunjuk Pemda Kota Bengkulu, sebagai sekolah unggulan bernuansa Islami, Sekolah Menengah Pertama Negeri Islam Terpadu (SMPNIT).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Bengkulu Nopri W Aksa tak menampik hal tersebut. Ia menjelaskan meski pelaksanaan PPDB SMPN 13 lebih awal tidak menyalahi aturan. Karena, SMPN 13 yang ditunjuk walikota sebagai sekolah bernuansa keagamaan tersebut telah memiliki ketentuan tersendiri dari Dinas Dikbud.

“Mereka inikan baru membuka sekaligus sosialisasi saja. Kemudian, kita mau tahu seberapa respon masyarakat yang ingin masuk ke sekolah itu. Kalau melanggar perwal ya tidaklah, ” cetusnya.

Nopir menegaskan pembukaan seleksi PPDB SMPN 13 dan lebih awal, dikarenakan sekolah ini ditunjuk wali kota sebagai sekolah plus dalam bidang keagamaan. Saat ini sekolah ini sedang mencari dan menyeleksi calon peserta didik yang memiliki kemampuan lebih dalam sisi pengetahuan keagamaan.

“Jumlah rombel yang dibuka 6 rombel atau setara 150-an calon peserta,” ucapnya.

Para siswa itu nanti dieleksi kemampuan keagamaannya oleh tim yang tak diragukan kemampuannya. Begitu juga dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar nantinya.

“Sumber Daya manusianya Insya Allah siap, karena kita sudah melakukan seleksi, yang diperbantukan mengajar disana (SMPN 13-red),” katanya.

Sayangnya terkait hal ini Kepala SMPN 13 belum bisa ditemui, sehingga bagaimana pola seleksi yang dilakukan belum diketahui. (247)