SMPN 45, Gagal UNBK

APRIZAL/Bengkulu EkspressSiswa-siswi SMPN 1 Bengkulu Utara mengikuti UNBK, kemarin (22/4).

SMPN 1 Lancar

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Lantaran mengalami gangguan server dalam mensinkronisasi jaringan, salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) gagal melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai hari kemarin (22/4). Sekolah tersebut SMPN 45 Bengkulu Utara yang berada di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara.  Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Margono SPd melalui Kepala Seksi Bidang Kurikulum SMP Diknas Kabupaten Bengkulu Utara Maryulis SPD membenarkan hal tersebut.

“Ya memang benar salah satu SMP di Bengkulu Utara dalam UNBK tersebut tidak dapat ikut, lantaran mengalami kerusakan server sehingga dalam mensinkronisasi ke jaringan tidak bisa dilakukan” kata Maryulis.



Maryulis menambahkan, hingga saat ini pihak sekolah sudah memperbaiki kerusakan tersebut, sehingga untuk pelaksanaan UNBK di hari kedua, hari ini ( 23/4) sekolah tersebut sudah bisa melakukan UNBK. “Dari pemantauan langsung saya ke lokasi server tersebut sudah diperbaiki, namun untuk pelkasanaan UNBK di hari pertama pihak SMPN 45 akan melakukan ujian susulan dimana ujian tersebut akan dilaksanakan pada tanggal (29/4) mendatang,” pungkasnya.(127)

Lancar

SMPN 1 Bengkulu Utara juga melaksanakan UNBK tersebut dengan jumlah peserta 311 siswa, yang terdiri dari 142 siswa dan 169 siswi, dengan menggunakan 3 lokal dan perlokal berisikan sebanyak 36 murid, dan dimasing-masing lokal ditempatkan 2 guru pengawas dari sekolah yang berbeda.

Kepala SMPN 1 Bengkulu Utara, Dra Tiswarni MPd mengatakan pelaksanaan UNBK ini selama 4 hari, yaitu 22 sampai 25 April, dengan 4 mata ujian yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika.  “Setiap harinya kita adakan 3 sesi, sesi pertama dimulai pukul 07.30 sampai 09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30 sampai 12.30 WIB serta sesi terakhir pukul 14.00 sampai 16.00 WIB,” ujarnya.(127)