SMPN 11 Kota Bengkulu jadi Sekolah Rujukan

 Kepala Sekolah SMPN 11 Kota Bengkulu, Elva Dharmasian, SPd --
Kepala Sekolah SMPN 11 Kota Bengkulu, Elva Dharmasian, SPd —

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sekolah Menengah Pertana Negeri (SMPN) 11 Kota Bengkulu. Salah satu sekolah yang ada di Propinsi Bengkulu, ditunjuk menjadi salah satu sekolah rujukan untuk wilayah Kota Bengkulu.

Penunjukan sekolah rujukan ini berdasarkan SK Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama,  Kemendikbud Nomor 2989/D3/2018 tentang Penetapan Sekolah Menegah Pertama Rujukan Tahun 2018.

Kepala Sekolah SMPN 11 Kota Bengkulu Elva Dharmasina SPd ketika ditemui Bengkulu Ekspress Senin (30/07/18) mengungkapkan, penunjukan sebagai sekolah rujukan, membawa konsekuensi untuk tetap menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah yang ditunjuk menjadi contoh bagi pengembangan pendidikan, sehingga menghasilkan lulusan kompeten, berdaya saing tinggi, dan bermutu tinggi.

”Untuk SMPN 11, karena menjadi contoh, maka SMPN 11 Bengkulu, terus melakukan pembenahan dari waktu ke waktu,” kata Elva.

Pembenahan tersebut, selain melakukan penataan lingkungan sehingga siswa lebih nyaman belajar, juga
meningkatkan sarana dan prasarana sekolah. Dukungan orang tua/wali murid, kata kepsek, juga sangat membantu untuk mewujudkan lulusan sebagaimana yang diharapkan, disamping pembiayaan dari anggaran pemerintah. Tujuannya agar amanah yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tersebut dapat diwujudkan.

Berdasarkan SK Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Kemendikbud Nomor 2989/D3/2018 tersebut, sekolah rujukan se-Propinsi Bengkulu ditetapkan bertambah 7 sekolah. Yakni SMPN 6 Bengkulu Utara, SMPN 2 Rejang Lebong, SMPN 2 Bengkulu Selatan, SMPN 1 Ujan Mas Kabupaten Kepahiang, SMPN 1 Lebong Tengah Kabupaten Lebong, SMPN 1 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah dan SMPN 11 Kota Bengkulu.

Perlu diketahui untuk di Kota Bengkulu, saat ini sudah ada 5 sekolah yang mengikuti imbas rujukan. Yakni SMPN 2, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 11 dan SMPN 18. Dari kelima SMPN tersebut diverifikasi dari Kemendikbud ada 3 sekolah, yakni SMPN 2, SMPN 4 dan SMPN 11. Hasilnya ditahun ajaran tahun ini  SMPN 11 ditetapkan menjadi sekolah rujukan untuk wilayah Kota Bengkulu.

Adapun indikator dari sekolah rujukan, yakni terakreditasi A, memiliki ekosistem pendidikan yang kondusif, memiliki budaya mutu, melaksanakan program pembinaan budi pekerti, jadi pusat keunggulan dan lokasi stategis, mudah dijangkau serta aman. (cik6)