SMPN 11 Dan MTS Ipuh Terbanyak Tak Lulus

siswa menangisi ketidak lulusannya saat mengetahui dirinya tak lulusMUKOMUKO, BE –  Dari 2.727 peserta ujian nasional (UN) tingkat SLTP sederajat diketahui  peserta yang tidak lulus berjumlah 99 orang. Peserta UN terbanyak yang tidak lulus berasal dari SMPN 11 Pondok Suguh berjumlah 22 orang dan MTSN Ipuh 13 orang. Sedangkan sekolah lainnya mayoritas di bawah lima orang yang tidak lulus dan ada yang seratus persen dinyatakan lulus.”Yang tidak lulus tahun ini cukup banyak jumlahnya,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dra Nurhasni MPd melalui Ketua UN Tahun 2013 Apani MPd.
Bagi pelajar yang tidak lulus itu diharapkan pada Senin mendatang segera mendaftar ke PKBM untuk mengikuti ujian paket. Puluhan pelajar yang tidak lulus itu dikarenakan malas belajar. Bahkan ada  murid yang dijemput sekolah untuk mengikuti pelajaran hingga les tambahan.”Pelajar yang tidak lulus jangan berkecil hati dan tidak melakukan hal-hal yang negatif. Melainkan lanjutkan pendidikan hingga selesai,” katanya.
Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten, Drs Hamdani MPd mengatakan dari 12 madrasah yang terbanyak tidak lulus MTSN Ipuh, MTSN Talang Arah dan MTs Darul Hikmah sebanyak satu orang sedangkan sekolah lainnya lulus seratus persen. Khusus bagi sekolah yang pelajarnya masih ada yang tidak lulus dalam waktu dekat dipanggil  untuk mengetahui apa penyebab ketidak lulusan itu. ” Kepsek di tiga sekolah itu akan kita panggil secepatnya untuk mengetahui penyebabnya. Khususnya paling mencolok adalah MTSN Ipuh yang tidak lulus mencapai 13 orang padahal selama beberapa tahun sebelumnya lulus 100 persen,” bebernya. (900)