SMPN 1 Religius dan Peduli Lingkungan

idiarman MPd - Kep. SMP 1BENGKULU, BE – SMP Negeri 1 Kota Bengkulu, menjadi salah satu dari 5 Sekolah di Provinsi Bengkulu yang meraih predikat Adiwiyata Nasional. Penghargaan itu terkait kepedulian sekolah tersebut mengembangkan suasana sekolah yang berbudi, relijius serta bersih lingkungannya.
Kepala  SMPN 1, Idiarman, MPd mengatakan untuk meraih adiwiyata ini memang sudah jauh-jauh hari dan cukup lama persiapannya.
“Kami memang menjalankan kegiatan yang sesuai dengan syarat untuk meraih Adiwiyata ini sejak lama”, ungkap Idiarman.
Idiarman M.Pd juga menjelaskan, secara umum  ada 2 poin penting yang menjadi persiapan untuk meraih Adiwiyata, yaitu berbudi atau relijius dan bersih lingkungannya. Program sekolah ini pun mengacu pada 2 hal itu, kata Idiarman lagi.
“Program di sekolah ini sangat kental nilai relijiusnya, setiap pagi anak-anak diwajibkan membaca Al-qur’an bersama sebelum memulai pelajaran. Selain itu setiap hari Jum’at diadakan kegiatan tafakur yang diisi dengan membaca Al Qur’an, lalu dilanjutkan dengan ceramah agama dan doa”, jelas Idiarman.
Selain membentuk ahlak yang relijius, sekolah yang luasnya kurang dari 1 hektare ini juga memotivasi para siswanya untuk hidup bersih. Kegiatan ini dimulai dengan menanamkan sadar akan membuang sampah dengan menyiapkan bank sampah, baik untuk sampah organik maupun anorganik. Untuk sampah organik didaur ulang menjadi kompos, sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang dikumpulkan dan kemudian dijual untuk pemasukan kas kelas.
“Untuk meningkatkan kesadaran akan membuang sampah, sekolah menyiadakan bank sampah untuk mendaur ulang sampah organik menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik akan  dikumpulkan di kelas dan kemudian dijual ke Kugerbas. Pada akhir bulan, kelas yang paling banyak menghasilkan uang dari barang bekas diberi hadiah, bisa berupa sertifikat, kotak sampah,  ataupun lainnya.
”Ini cara untuk memotivasi para siswa untuk sadar akan membuang sampah”, papar Idiarman.  (cw5)