SMPN 1 Kota Bengkulu Siap Terapkan AKM

Ist/BE
Gedung SMPN 1 Kota Bengkulu

BENGKULU, BE – Kepala SMPN 1 Kota Bengkulu Idiarman MPd siap menggelar Asesment Kompetensi Minimun (AKM) yang dimulai tahun ini. AKM sebagai pengganti pelaksanaan ujian nasional (UN).

“Kita harus selalu siap dengan kebijakan pemerintah, diantaranya kebijakan UN yang diganti Uji kompetensi ini,” katanya.

Pelaksanaan AKM bentuk nama lain dari UN dan kebijakan pemerintah tersebut ada sedikit perbedaan. Kalau dulu UN sebagai syarat kelulusan dan diagungkan, maka penerapan AKM justru diterapkan mulai didalam kelas dan hanya sebagai pemetaan.

“Pelaksanaan AKM dilakukan secara berkala secara periodik. Berbeda dengan UN yang dilaksanakan setahun sekali,” bebernya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP tersebut, AKM hal wajar dalam pendidikan dan mengetahui sejauh mana kemampuan anak-anak dalam menguasai dan mendalami materi pembelajaran yang disampaikan guru.

“Kita masih menunggu kapan AKM ini diterapkan. Untuk saat ini proses pembelajaran hingga penilaian tengah semester masih menggunakan sistem digital dan tidak memberatkan siswa,” tandasnya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*