SMP Muhammadiyah Terpadu Launching Kewirausahaan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – SMP Muhammadiyah terpadu melaunching kewirausahaan bagi siswa/siswinya. Launching ini ditandai dengan pemukulan dol hingga pemotongan pita oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dra Rosmayetti MM, kemarin (27/2). “Ini ajang untuk meningkatkan potensi anak-anak dan mengenalkan, menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini,” ungkap Rosmayetti saat diwawancarai BE usai launching kemarin (27/2).

Pada kesempatan itu, Rosmayetti didampingi pimpinan PDM Bidang Dikdasmen Suarsono dan Kepala SMP Muhammadiyah Terpadu Devi Suryadi, terkesima saat melihat bagaimana pengolahan bahan makanan dengan memanfaatkan sayuran.

“Ini sebagai salah satu inovasi para pelajar dalam praktek kuliner pembuatan aneka mie, kita ingin akan tumbuh para wirausaha yang tangguh ke depannya,” katanya.

Rosmayetti sangat bangga anak didik tingkat SMP sudah mampu berinovasi dalam kuliner. Terlebih anak-anak ini mampu menjaga makanan dari bahan berbahaya. Kepala SMP Muhammadiyah Terpadu Devi Suryani, saat dikonfirmasi menuturkan, launching program kewirausahaan wadah bagi para wisausaha ditingkat pelajar khususnya SMP Muhammadiyah terpadu, untuk mendidik anak mandiri, kreatif dan inovasi.

”Selain pembelajaran akademik, kita juga mengusung program kewirausahaan. Program ini sebagai hal positif untuk menghindarikan dari pengaruh negatif. Siswa di sini dibentuk jiwa enterpreneurnya dan mengenalkan jajanan sehat,” imbuhnya.

Kewirausahaan yang ditawarkan kali ini, kuliner mie instan yang diolah melalui bahan sayuran, umbi dan buah-buahan. Mie sayur dan buah ini ternyata memantik rasa penasaran para siswa untuk terus berinovasi menghasilkan varian rasa baru dan alami. “Para pelajar sangat antusias dalam bergabung diwadah wirausaha. Mereka mendapat bimbingan dan arahan menjadi lebih baik, ” katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bengkulu Suarsono SPd menuturkan, kegiatan ini bagian dari solusi atas masalah pendidikan yang dihadapi di Indonesia, dalam bidang lapangan kerja. Dengan pemberian program ini, sehingga saat lulus nanti siswa/siswi mempunyai keterampilan.
“Ini bentuk karya inovasi siswa,disini siswa/siswi bisa belajar selain akademik diharapkan mempunyai banyak keterampilan,” ucapnya.

Pantauan Bengkulu Ekspress, selain launching program kewirausahaan, pada kegiatan juga digelar pentas seni khusus siswa/siswi kelas IX, dilanjutkan dengan lomba giat prestasi Hisbul Wathan Abu Bakar Sidiq. (247)