SMP Islam Al-Hasanah Bengkulu, Cetak Manusia Berakhlak Mulia

JpegBENGKULU, bengkuluekspress.com – Mengingat pentingnya meningkatkan mutu kualitas pendidikan serta perlunya menanamkan prilaku  akhlak yang baik bagi siswa, sekolah  SMP Islam AL Hasanah, yang beralamat di Jl.RE. Martadinata Pagar Dewa, Kec. Selebar Bengkulu ini menerapkan sekolah  dengan nuansa berbeda dengan  sekolah-sekolah pada umum lainnya terutama dalam dari segi penerapan nilai-nilai islamiah. Menurut Hermanto, S.Pd, Kepala Sekolah SMP Islam Al Hasanah saat di temui BE Online di ruang kerjanya kemarin (24/04), dalam segi penerapan pembelajaran kurikulum sekolah yang beberapa kali mendapatkan penghargaan ini, tetap menggunakan kurikulum pemerintah, namun dalam pelaksanaan pembelajaran ada beberapa pelajaran tambahan seperti seperti ilmu tahrin, tapsir AlQuran, tahtis dan ilmu keagamaan lainnya. “Disini kami sangat menekankan ilmu-ilmu keagamaan seperti mengadakan sholat dhuha berjamaah setiap pagi,” ujarnya.

Selain itu, sekolah ini juga mengharuskan siswa untuk melakukan Al Mat surat, sholat zhuhur dan ashar secara bersama-sama. ” nuansa islamiah inilah yang membedakan sekolah SMP Islam Al-Hasanah ini dengan sekolah-sekolah lain pada umumnya,” terangnya

Ditambahkannya, sejak berdirinya  hampir sudah tiga tahun yang lalu, ada beberapa prestasi yang telah ditorehkan oleh sekolah ini baik  kancah nasional maupun  internasional. selain itu, kami juga memfasilitasi para siswa untuk melakukan study tour kesekolah-sekolah lain di dalam negeri maupun luar negeri. ” saat ini ada para siswa kita yang sedang melakukan study tour ke singapura dan malaysia selama lima hari enam malam,” ujarnya.

Disamping itu, untuk meningkatkan rasa solidaritas dan keakraban antar siswa dan guru, sekolah ini aktif melaksakan  program tahunan seperti outbond, study wisata,  malam iman dan takwa dan renang, dan kegiatan ini kita laksanakan per satu semesternya. Sedangkan untuk ekstra kurikuler wajib diikuti setiap siswa  yaitu pembelajaran ilmu bela diri, Silat untuk laki-laki dan taekwondo untuk perempuannya. Selain itu, ada  ekstra kurikuler lain seperti Futsal, dan bina sains meliputi bidang IPA, Matematika, TIK, dan pramuka.

Menjelang tahun ajaran baru, Saat ini SMP Islam Al Hasanah telah  membuka penerimaan siswa baru. “Sebenarnya  pembukaan penerimaan siswa baru akan dimulai pada bulan Mei Mendatang. akan tetapi bagi orang tua yang ingin mendaftar anaknya pendaftaran sudah bisa dilakukan dari sekarang. Hal ini kami lakukan  mengingat SMP Islam Al-Hasanah hanya mempunyai dua ruang kelas yaitu satu kelas untuk siswa putri dan satu kelas untuk laki-laki yang maksimal 30 orang per kelasnya,”pungkasnya (Andri)