SMKN 3 RL Kenalkan Dunia Kerja

Rombongan SMKN 3 Rejang Lebong yang akan melakukan kunjungan industri sebelum berangkat dan dilepas di Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup Rabu (12/2) pagi.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk mengenalkan para pelajar SMKN 3 Rejang Lebong pada dunia kerja, Rabu (12/2) kemarin SMKN 3 Rejang Lebong menggelar kegiatan kunjungan industri ke Kota Bengkulu.

Kepala SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman SPi MPd mengungkapkan, kunjungan industri yang mereka laksanakan tersebut diikuti oleh pelajar kelas X dan XII dari enam jurusan yang ada di SMKN 3 Rejang Lebong.

“Kegiatan ini diikuti oleh 201 orang pelajar dari enam jurusan dan kita laksanakan satu hari penuh,” terang Asep.

Dijelaskan Asep dari 201 orang pelajar yang mengikuti kunjungan industrri tersebut 32 orang siswa dari jurusan perikanan, 30 orang siswa dari jurusan peternakan, 34 orang dari jurusan teknik komputer jaringan, 44 orang dari jurusan farmasi, 34 orang dari Tehnik Bisnis sepeda motor dan 27 orang dari tehnik pengelasan.

Untuk tujuan dari kunjungan industri sendiri, menurut Asep berbeda antara satu jurusan dengan jurusan lainnya. Ia mencontohkan untuk jurusan perikanan ke stasiun karantina ikan, kemudian untuk jurusan Tehnik Bisnis Sepeda Motor ke Main Dealer Astra Motor Bengkulu dan ke sejumlah perusahaan lainnya.

“Tujuannya berbeda-beda sesuai dengan jurusan mereka, sehingga mereka benar-benar memahami keilmuan yang selama ini mereka tempuh,” tambah Asep.

Lebih lanjut Asep menjelaskan kunjungan industri tersebut dilakukan guna membekali para pelajarnya sebelum pelatihan kerja lapangan. Sehingga mereka termotivasi dan mampu berwirausaha.

Kemudian menurut Asep, kegiatan tersebut memberikan banyak manfaat bagi para siswanya yaitu mulai dari sisi wawasan pengetahuan dan pengalaman meningkat.

Kemudain para pelajar juga mendapat gambaran saat akan bekerja ataupun meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi.”Tidak hanya menyelaraskan teori dalam kelas dan lingkungan kerja.

Dalam kegiatan ini, para pelajar semakin termotivasi dan mengembangkan ide kreatif dalam berkarya sesuai bidang keahlian,” papar Asep.Selain itu, menurut Asep kegiatan tersebut juga untuk persiapan mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Bengkulu. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*