SMKN 1 ‘Gandeng’ PT. Paragon

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Dalam memasarkan tenaga kerja lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. SMKN 1 Kota Bengkulu, menggandeng PT. Paragon dalam melakukan rekruitmen tenaga kerja di Bengkulu.

“Proses rekruitmen sudah berlangsung selama dua hari di sekolah, baik sesi seleksi administrasi, tes tertulis hingga wawancara. Saat ini sudah tercatat 200 pelamar,” kata Kepala SMKN 1 Kota Bengkulu, Evriza MPd saat diwawancarai Bengkulu Ekspress.

Para pencaker ini tidak hanya dari kalangan SMK, ada juga dari perguruan tinggi. Perekrutan tenaga kerja bersama PT. Paragon ini meliputi berbagai bidang, seperti tenaga administrasi, driver, operasional dan lainnya. “Para pencaker yang dinyatakan lolos, nanti bisa ditempatkan di Bengkulu. Selain itu, bisa juga ditugaskan ke daerah lain,” imbuhnya.

Lancarnya proses seleksi ini,karena SMKN 1 Kota Bengkulu, telah memiliki bursa kerja kursus yang memiliki tugas memasarkan tamatan SMK pada berbagai perusahaan. Selain bekerjasama dengan PT. Paragon, sekolah juga melaksanakan agenda tahunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk melakukan pembukaan job matching yang dilaksanakan sekitar dua bulan kedepan.  “Kita harapkan tamatan SMK di Bengkulu, dapat terserap di dunia kerja dengan baik,” tukasnya. (247)