SMKN 1 BS Studi Banding ke SMKN 1 Kota Bengkulu

Endang/BE
Kepala sekolah dan guru SMKN 1 Bengkulu Selatan studi banding ke SMKN 1 Kota Bengkulu.

BENGKULU, BE – SMKN 1 Bengkulu Selatan melakukan studi banding ke SMKN 1 Kota Bengkulu.  Diterima Kepala SMKN 1 Kota Bengkulu Dra Evriza MPd, serta sejumlah wakil kepala sekolah dan jurusan.

“Kedatangan kami untuk menambah ilmu di SMKN 1 Kota Bengkulu. Karena, banyak hal yang belum kami pelajari tentang pembinaan karakter guru dan siswa. SMKN 1 Kota Bengkulu, salah satu sekolah revitalisasi yang sudah banyak memiliki prestasi,” kata Kepala SMKN 1 BS Haliman pada BE Senin (21/9).

Ia berharap dari studi banding itu membawa banyak pengalaman yang bisa dipraktikkan di SMKN 1 BS. Ada beberapa point yang didapat dalam kunjungan tersebut, seperti pengelolaan manajemen sekolah yang transparan, disiplin guru dan siswa, serta pembinaan karakternya.

“Kita merasa kurang dengan ilmu yang kita miliki. Agar tidak merasa hebat sendiri, kita lakukan studi banding ke sekolah maju,” cetusnya seraya mengatakan selain ke SMKN 1 Kota Bengkulu, rombongan SMKN 1 BS juga berencana  studi banding ke sekolah lain  yang direkomendasikan.

Kepala SMKN 1 Kota Bengkulu Evriza, mengapresiasi upaya Kepala SMKN 1 BS Harlan yang berkeras memajukan kualitas pendidikan sekolah. Evriza pun siap membagi ilmu yang diinginkan dalam memajukan pendidikan. Untuk  mewujudkan SMK  memiliki tata kelola yang baik melalui enterpreneur leadership. Sekolah yang mampu mewujudkan tujuan SMK dalam yang memiliki karakter untuk bekerja dan berwirausaha.

“Kedatangannya untuk mencari informasi startegis manajemen sekolah sehingga muncul Alfamart Class dan Technopark, serta revitalisasi hingga multimedia,” ujar Evriza.

Perempuan yang akrab disapa Ica itu menegaskan, menyambut baik kedatangan rekannya dari daerah, terutama dalam berbagi kebaikan. Menurut Ica, kemajuan SMKN 1 Kota Bengkulu, tidak lepas dari tiga hal. Yaitu, transparasi, ukuwah dan menanamkan rasa cinta, diantara tim manajemen dan siswa sehingga ikhlas dalam bekerja.

“Sebagai pimpinan wajib memperhatikan peduli dan menyediakan fasilitas yang diinginkan karyawannya. Sentuhlah hatinya sehingga muncul rasa tanggung jawab dalam bekerja,” imbuhnya.

SMKN 1 Bengkulu Selatan saat ini menjadi salah satu sekolah ditunjuk Kemdikbud menjalankan program peningkatan kapabilitas manajerial kepala SMK berbasis Industri 2020 atau dikenal program Chief Executive Officer (CEO) dari Ditjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud RI. Harapannya sekolah ini pun mampu memajukan pengembangan pendidikan vokasi yang selaras dengan kebutuhan industri, dunia usaha dan dunia kerja.  (247)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*