SMAN 8 Bengkulu Persiapkan Jaringan Internet

Kepala SMAN 8 Kota Bengkulu Hidayatul Mardiah MPd

BENGKULU, BE – Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) jenjang SMA/MA se-Kota Bengkulu, digelar berbasis komputer. Berbagai persiapan pun telah dilaksanakan sekolah. Mulai dari ketersediaan perangkat komputer hingga peningkatan kapasitas jaringan internet.

Seperti diungkapkan Kepala SMAN 8 Kota Bengkulu Hidayatul Mardiah MPd, sekolahnya telah siap melaksanakan US berbasis komputer.

”Sebelumnya SMAN 8 juga telah sukses sebagai pelaksana ujian nasional berbasis komputer,” kata Hidayatul.
Pada pelaksanaan US ini selain menyiapkan komputer sesuai kebutuhan. SMAN 8 juga berencana menambah kecepatan jaringan internet. Dengan harapan pada pelaksanaan peserta didik tidak terkendala dengan lambatnya jaringan.

“Karena nanti ujian sekolahnya berbasis komputer, kita masih terkendala dengan jaringan internet. Kalaupun dikasih kuota akan beradu sinyal sehingga perlu penambahan kecepatan internet,” katanya.

Sekolah, kata Hidayatul Mardiah, sebelum siswa/siswi kelas XII melaksanakan ujian semester terlebih dulu memberikan simulasi ujian berbasis komputer. Untuk itu, sebelumnya penambahan jaringan internet sangat diperlukan. Untuk itu berencana mengajukan ke Telkom untuk menaikkan kapasitas jaringan.

“Kita berecana meminta ke Telkom menambah kecepatan dan memasang di beberapa titik dalam ruang kelas,” jelasnya.

Simulasi US diwacanakan berlangsung pada Sabtu (13/3) mendatang. Karena, dimasa pandemi covid-19, belum seluruh siswa datang ke sekolah melakukan pembelajaran tatap muka. Maka, dalam pelaksanaan simulasi ini tetap digelar serentak secara daring. Sebagian siswa daring di sekolah sebagian lagi siswa daring dari rumah.

“Guru memberikan kode simulasi dari kelas yang langsung bisa diakses siswa/siswi dari rumah. Jadi tidak mubazir dan berulang untuk persiapannya,” jelasnya.

Simulasi perdana itu hanya untuk melihat kecepatan jaringan. Jaringan mampu mengakomodir sebanyak 250 peserta didik dalam satu waktu, sementara soal simulasi ujian yang diberikan kepada siswa pun tak banyak dan dibuat secara mandiri oleh guru sekolah. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*