SMAN 2 Komitmen ISO 9001:2008

BENGKULU,BE- SMAN 2 Kota Bengkulu terus berkomitmen dalam mengendalikan sistem menejemen mutu sesuai dengan sertifikat ISO 9001:2008 tentang menejemen Mutu, yang telah diraih sekolah favorit ini. Untuk menilai apakah SMAN 2 masih layak atau tidak menyandang predikat ISO tersebut, kemarin tim independen yang dilakukan Badan Sertifikasi IAPMO R&T mengaudit dan memantau sekolah ini. IAPMO R&T merupakan bandan sertifikasi Amerika. Yang hadir dalam Auditor kali ini adalah Ronald Rachman Sirait Bsc.

“Ini merupakan audit pemantauan terhadap sertifikat ISO 9001:2008 yang sekarang sudah ada di SMA Negeri 2,” ujar Ronald
Ada 5 sekolah di Provinsi Bengkulu yang telah bersertifikat ISO 9001:2008. Yaitu SMA Negeri 2 dan 5 Kota Bengkulu, SMA Negeri 1 Arga Makmur, SMK Negeri 3 Kota Bengkulu dan SMP Negeri 1 Bengkulu Selatan. Dari sejumlah sekolah ini, baru SMA Negeri 2 Kota Bengkulu yang Siap diaudit pemantauan. Atas kesiapan itu maka SMAN 2 memanggil auditor dari IAPMO R&T.

Sertifikasi ISO 9001:2008 berlaku selama 3 tahun, dan setiap tahun akan ada pemantauan. Setelah 3 tahun apakah sertifikasi ini trus diberikan atau tidak tergantung dari hasil audit pemantauan yang dilakukan setiap tahunnya tersebut.

“Untuk pemantauan tahun pertama baru SMA Negeri 2 Kota Bengkulu yang siap untuk diaudit. Ini menandakan mereka siap untuk berkomitmen terhadap sertifikat ISO 9001:2008,” tambahnya

Syarat dari Sertifikat 9001:2008 tentang menejemen mutu adalah sekolah harus Memenuhi standar nasional pendidikan, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan berakreditasi A yang dikeluarkan Badan Akreditasi Negara. Sedangkan sisi menagement yang dilihat adalah Management Kepala Sekolah, Management Kurikulum, Management Humas, Menagement Kesiswaan, Management Tata Usaha, Menagement Administrasi, Management Bimbingan dan Konseling serta Management Sarana dan prasarana. Audit pemantauan ini dilakukan selama 2 hari. Dimulai kemarin dan berakhir hari ini.
“Sertifikat ISO 9001:2008 merupakan sertifikat bertarap internasional. Jadi kita tidak perlu meragukan lagi kualitas sekolah yang mempunyai sertifikat ini. Terlebih seperti SMAN 2 Kota Bengkulu, yang terus berkomitmen dengan sertifikat ini,”ungkapnya

ISO 9001:2008 merupakan Sertifikat yang dibuat Oleh ISO komite yang berkantor di Jenewa Swiss. Selain standarisasi mutu mereka juga menilai standarisasi lingkungan, keamanan, pangan dan lainnya diseluruh dunia.(cw2)