SMAN 2 Bengkulu Selatan Gelar Pagelaran dan Lomba Seni Budaya Antar Pelajar se-Provinsi Bengkulu

Mukomuko
RESMI: Pagelaran Seni Bengkulu Selatan yang digelar SMAN 2 Bengkulu Selatan resmi dimulai dengan ditandai pemukulan dol oleh Bupati bersama FKPD Bengkulu Selatan, kamis (23/2).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kegiatan yang digelar SMAN 2 Bengkulu Selatan (BS) patut diacungi jempol. Pasalnya mereka menggelar pagelaran seni budaya Bengkulu Selatan, yang dikemas dalam lomba seni budaya antar pelajar se-Provinsi Bengkulu. Lomba yang digelar mulai dari lomba tingkat anak TK/PAUD, SD, SMP dan SMA sederajat.

Kepala SMAN 2 Bengkulu Selatan, Tarman Hayadi MPd mengatakan, dalam kegiatan tersebut diikuti oleh pelajar dari Kaur, Seluma, Kota Bengkulu, Kepahyang, Rejang Lebong, Bengkulu Utara dan kabupaten tetangga lainnya dalam Provinsi Bengkulu.

Adapun jenis perlombaan yakni lomba mewarnai antar murid TK, lomba lagu daerah untuk SD dan SMP, lomba tari andun untuk SMP dan SMA sederajat, lomba berejun untuk siswa SMA sederajat. Selain itu digelar serawai etnik karnaval.

“Ini kegiatan pertama dan akan kami gelar setiap dua tahun sekali, pemenang karnaval tingkat TK akan mendapatkan piala bergilir dari Kepala SMAN 2 Bengkulu Selatan, juara karnaval tingkat SD mendapatkan piala bergilir persembahan Bupati Bengkulu Selatan, Juara karnaval tingkat SMP mendapatkan piala bergilir dari anggota DPD RI, Ahmad Kanedi SH dan pemenang karnaval tingkat SMA mendapatkan piala bergilir persembahan Gubernur Bengkulu,” ujar Tarman saat acara pembukaan pageran Seni di halaman SMAN 2 Bengkulu Selatan, Kamis (23/2).

Dijelaskan Tarman, digelarnya kegiatan tersebut untuk melestarikan seni daerah. Sehingga kedepannya generasi muda Bengkulu Selatan semakin mencintai budaya Bengkulu Selatan dan memperkenalkannya ke manca Negara.

“Seni budaya Bengkulu Selatan tidak kalah menariknya dengan daerah lain, harapan kami dengan kegiatan ini, generasi muda Bengkulu  Selatan makin mencintai seni budaya sendiri dan bisa mempromosikannya  hingga ke manca Negara,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Selatan, H Dirwan Mahmud SH memberikan apresiasi kepada Kepala SMAN 2 Bengkulu  Selatan yang mampu menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Dirwan berharap ke depan SMAN 2 Bengkulu  Selatan dapat mempelopori kegiatan seni budaya di BS. Sehingga ke depan seni budaya Bengkulu  Selatan semakin lestari. Bahkan sebagai wujud dukungannya terhadap kegiatan tersebut, dirinya secara spontan memberikan bantuan uang tunai Rp 10 juta.

“Kegiatan ini luar biasa bagusnya, saya bantu uang tunai Rp 10 juta,” katanya.

Bahkan usai acara pembukaan seni budaya SMAN 2 Bengkulu  Selatan tersebut, dirinya langsung mengunjungi stand-stand pelajar. Padas tad-stand tersebut para pelajar menampilkan masakan khas Bengkulu  Selatan, mulai dari lemang tapai, pendap, juada dan sebagainya.

“Semoga pagelaran seni budaya ini terus dilestarikan, agar ke depan seni budaya Bengkulu  Selatan semakin dikenal dunia luar,” harap Dirwan. (369)