SMAN 1, Sekolah Berprestasi

TALANG EMPAT, BE – Berbagai prestasi yang diraih siswa SMAN 1 Bengkulu Tengah (Benteng) tak lepas dari peran guru mentransformasi ilmu. Dengan metode mengajar yang baik, murid dapat menangkap pelajar hingga mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainya di Provinsi Bengkulu.
Sejauh ini, prestasi SMAN 1 Benteng yang berada di Kecamatan Talang Empat tersebut tak kalah dengan sekolah-sekolah beken di Kota Bengkulu mapun daerah lain. Sehingga, siswa SMAN Talang Empat itu mampu mewakili Provinsi Bengkulu diajang perlombaan tingkat nasional setelah mengalah sekolah-sekolah lainya saat seleksi tingkat Provinsi.
Salah seorang guru teladan SMAN 1 Benteng, Sigit Darsono mengungkapkan, selama ini para guru disekolah menerapkan metode belajar sesaui dengan kurikulum yang diberlakukan pemerintah. Namun, katanya, kuncinya agar para siswa aktif belajar dan menggali ilmu, guru mengajar dengan menciptakan kondisi nyaman diruang kelas.
“Kita lihat kondisinya kalau dijam-jam akhir belajarnya jangan berat-berat buat kondisi ruang senyaman mungkin agar para siswa tidak jenuh. Merekan akan tetap semangat diberada diruangan meskipun sudah memasuki siang hari,” ungkap Sigit.
Menurutnya, mengajar juga tidak selalu penyampaian materi kepada para siswa, namun dilakukan kegiatan dialog (Diskusi) agar dapat mengetahui kemampuan siswa menyerap pelajar yang telah dibahas sebelumnya.
“Diskusi juga kita terapkan, yang jelas semua sesuai dengan kurikulum terbaru kita,” tegasnya. (320)