SMAN 1 Lebong dan SMAN 11 Kota Bengkulu Melaju ke Ajang Musikalisasi Puisi Nasional

 

 

 Dua tim dinyatakan sebagai pemenang lomba Musikalisasi Puisi tingkat Provinsi
Bengkulu. SMAN 1 Kabupaten Lebong dan SMAN 11 Kota Bengkulu berhak mewakili Provinsi Bengkulu
pada ajang lomba yang sama ditingkat nasional.

BENGKULU, BE – Dua tim dinyatakan sebagai pemenang lomba Musikalisasi Puisi tingkat Provinsi Bengkulu. SMAN 1 Kabupaten Lebong dan SMAN 11 Kota Bengkulu berhak mewakili Provinsi Bengkulu pada ajang lomba yang sama ditingkat nasional.

Panitia Pelaksana Musikalisasi Puisi Kantor Bahasa Bengkulu, M. Yusuf S.Ag menuturkan kepada BE Selasa (1/9), enam tim telah berkompetisi dalam final festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu, 2020 di Hotel Nala Sea Side. Dewan Juri terdiri dari Firman Hadiansyah, Remi Juliant Fernandez, MSn dan Karyono SPd Mhum telah mengumumkan pemenangnya, juara 1 diraih SMAN 1 Kabupaten Lebong, Pemenang II diraih SMAN 11 Kota Bengkulu dan pemenang 3 dari SMA Sint Carolus, para juara mendapatkan uang pembinaan
dan trophy.

“Ada dua tim Musikalisasi Puisi Provinsi Bengkulu, yang dikirim ketingkat nasional, yaitu SMAN 11 dan SMAN 1 Lebong. Tim tersebut berkompetisi dengan tim se-Indonesia,” ujarnya.

Dengan terpilihnya dua sekolah tersebut, diharapkan tim tersebut kembali mengharumkan Provinsi Bengkulu. Nama Provinsi Bengkulu sudah diperhitungkan ditingkat nasional. Pasalnya, Bengkulu pernah empat kali meraih predikat terbaik nasional. Prestasi pertama diraih pada 2010. Kala itu diwakili SMAN 6 Kota Bengkulu, dengan posisi 6. Kemudian, 2016, Bengkulu meraih terbaik diposisi 4 tingkat nasional diwakili SMA Sint Carolus. Kemudian, 2019, tim Musikalisasi Puisi Provinsi Bengkulu kembali berhasil meraih posisi 6 tingkat nasional.
Untuk bisa memperoleh prestasi tingkat nasional tak lepas kerja keras dan kerja sama semua pihak, baik pelatih, guru pendamping dan pemain.

Kepala SMAN 11 Kota Bengkulu, Eka Pariyanti mengucapkan rasa syukur tim dari sekolahnya mampu berkompetisi dengan tim lainnya.

“Ini prestasi yang membanggakan, terlebih SMAN 11 sekolah baru di Kota Bengkulu,” bebernya.

Untuk bisa tampil lebih baik, perlu pembinaan dan kerja keras dan perlu koordinasi dengan panitia dari Kantor Bahasa Bengkulu.

“Yang jelas latihan terus, terutama mental siswanya harus mental juara, sekaligus menunggu petunjuk selanjutnya dari pihak penyelenggara,” tandasnya.

Masih dikatakan M Yusuf Festival Musikalisasi Puisi diharapkan dapat mengenalkan kepada sastra pada siswa, musikalisasi puisi ini menunjukkan puisi tidak hanya dibaca, namun dapat dinyanyikan dengan iringan musik sehingga tumbuh rasa mencintai puisi.

“Kalau selama ini siswa tahunnya puisi hanya dibaca dengan musikalisasi puisi, maka puisi bisa dipadukan dan dieksplor menggunakan musik,” jelasnya.

Seperti diketahui pemenang musikalsiasi puisi tingkat nasional 2019, terbaik 1 diraih SMA kristen Citra Bangsa Kupang dari NTT, terbaik II diraih SM Musik Perguruan Cikini DKI Jakarta, terbaik III diraih SMAN 1 Garut Jawa Barat, terbaik IV diraih SMAN 1 Mataram NTB, terbaik V diraih SMAN 5 Ambon, Maluku dan terbaik VI diraih SMA Sint Carolus Bengkulu. (247)

Daftar Pememang Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Provinsi Bengkulu 2020

Pemenang 1 SMAN 1 Kabupaten Lebong
Pemenang 2 SMAN 11 Kota Bengkulu
Pemenang 3 SMA Sint Carolus
Pemenang 4 MAN 2 Kota Bengkulu
Pemenang 5 MAN 1 Kota Bengkulu
pemenang 6 SMAN 1 Kabupaten Kepahiang

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*