SMAN 1 BS Kekurangan 35 Komputer

Kekurangan Dibebankan Kepada Orang Tua Siswa

KOTA MANNA, BE – Dalam rangka mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar pada bulan April 2017 yang akan datang, SMAN 1 BS masih masih kekurangan 35 unit komputer. Saat ini SMAN 1 hanya memiliki 40 unit komputer, sedangkan untuk pelaksanaan UNBK dibutuhkan 73 komputer.

Kepala SMAN 1 BS, Muhardi MPd, mengatakan, untuk mengatasi kekurangan tersebut, pihaknya pernah berencana menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Namun karena belum bisa dianggarkan melalui dana, maka pihak sekolah melakukan pertemuan dengan pihak orang tua siswa untuk membeli komputer.

Dalam pertemuan tersebut para orang tua setuju pembelian komputer dibebankan ke wali murid. Namun sebelum rapat tersebut, dirinya sudah berkoordinasi dengan Bupati. Dari hasil koordinasi tersebut, Bupati menyetujuinya. Bahkan rencananya dalam waktu dekat ini, ke35 unit komputer tersebut tiba di sekolahnya.

“Saya sudah koordinasi dengan Pak Bupati dan juga musyawarah dengan orang tua siswa, maka ke-35 unit komputer tersebut dibebankan pada orang tua siswa untuk membelinya,” imbuh Muhardi.

Hanya saja Muhardi enggan membeberkan besaran iuran setiap orang tua untuk pembelian komputer tersebut. Alasannya, itu semua hasil kesepakatan para orang tua tanpa ada paksaan dari sekolah.
Sehingga seluruh peserta UNBK SMAN 1 BS pada tahun ini sebanyak 225 siswa bisa mengikuti UNBK. Dirinya berharap seluruh siswanya lulus 100 persen.

“Besaran biaya untuk pembelian komputer kami serahkan pada wali murid tanpa ada paksaan dari sekolah, semua itu semata-mata karena kepedulian para orang tua pada pendidikan,” demkian Muhardi. (369)