SMA dan SMK Terapkan Kurikulum baru

TAIS, BE – Secara bertahap di tahun 2014 mendatang seluruh SMA dan SMK baik negeri maupun swasta di Kabupaten Seluma siap menerapkan kurikulum baru. Yakni kurikulum 2013 yang digagas sejak pertengahan tahun 2013 lalu. Dinas pendidikan kabupaten Seluma terus melakukan sosialisasi melalui Pengawas Sekolah.
“Tahun 2014 mendatang kurikulum 2013 akan dipergunakan tanpa terkecuali. Seluruh guru harus mendapatkan pemahaman kurikulum baru ini,” terang Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Seluma Muksir Ibrahim, S.Pd melalui Kabid Dikmen Maryono SPd
Hal tersebut dilakukan lantaran suksesnya uji coba penerapan kurikulum 2013 di beberapa sekolah pilihan pada tahun ini. Salah satunya penerapan di SMAN 1 Seluma. Selain itu, menurutnya diterapkannya kurikulum ini sebagai penyeragaman proses ujian pada 2015 mendatang, sehingga dapat dilaksanakan secara serentak dan tidak ada perbedaan. “Kita khawatir akan terjadi perbedaan dalam pelaksanaan ujian jika masih ada sekolah yang belum menerapkan kurikulum 2013 pada tahun depan,” katanya.
Jika penerapan kurikulum di Seluma tidak sama, saat pelaksanaan ujian kelulusan maka harus disiapkan dua tipe soal, untuk kurikulum 2013 dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang saat ini dipakai. Dengan adanya kurikulum yang sama, Dinas Pendidikan Seluma optimis akan ada satu pola proses belajar dan mengajar. Dinas Pendidikan akan lebih mudah melakukan pembinaan dan pengawasan karena tidak ada perbedaan kurikulum. Kendatipun nantinya tidak semua lokal dan kelas di Sekolah yang menerapkan kurikulum 2013.“Kurikulum baru ini justru akan mempermudah seluruh guru dalam belajar dan mengajar,”sampainya. (333)