SKB CPNS Siap Digelar

ilustrasi CPNS
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akhirnya telah menentapkan jadwal seleksi kompetensi bidang (SKB) untuk semua kuota pemerintah daerah (Pemda) di Provinsi Bengkulu.

Untuk kuota CPNS Pemprov, jadwal SKB itu akan digelar dua hari, yaitu tanggal 9 dan 10 Desember mendatang. Setidaknya ada sebanyak 567 peserta SKB CPNS Pemprov. Jumlah tersebut terbagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama sebanyak 143 peserta yang merupakan peserta lulus passing grade seleksi kompetensi dasar (SKD). Lalu kelompok kedua sebanyak 424 orang yang merupakan peserta yang lulus perankingan SKD.

“Jadwalnya sudah keluar dan kita siap untuk menggelar SKB,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (5/12).

Dijelaskannya, semua peserta SKB sudah disusun pembagiannya. Semua peserta akan tetap mengikuti SKB dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) di UPB BKN Provinsi Bengkulu.  “Sistemnya tetap sama, menggunakan sistem CAT,” terangnya.

Namun yang berbeda dengan SKD ialah, dalam tes SKB itu akan fokus diuji dengan pemahaman peserta terkait bidang yang dilamar. Hal tersebut untuk menentukan, apakah CPNS itu layak menduduki posisi jabatanya dengan dasar ilmu pengetahuan yang dimilikinya.  “Fokus dengan bidang jabatannya. Jadi memang harus benar-benar dipahami oleh peserta,” tambah Diah.



Diah menegaskan, sistem CAT ini tidak ada celah untuk curang. Artinya, semua peserta tidak boleh percaya dengan apapun, apalagi ada orang yang mengklaim bisa meluluskan. Sebab, hal tersebut merupakan penipuan. Untuk itu, para peserta diminta untuk belajar secara serius. “Yang menentukan lulus atau tidak itu diri kita sendiri. Jadi silahkan belajar dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bengkulu, Joko Warsito SKom MM mengatakan, jadwal SKB untuk CPNS pemda kabupaten dan provinsi sudah keluar. Pihaknya memastikan, tidak ada kendala secara teknis dalam persiapan SKB.  “Komputer tidak ada masalah. Sudah siap untuk dilaksanakan,” ujar Joko.

Sebelum Pemda kabupaten dan provinsi, instansi vertikal telah selesai menggelar SKB sistem CAT di UPT BKN Bengkulu. Semua berjalan dengan lancar tanpa ada masalah yang terlalu fatal terjadi. “Vertikal selesai, baru untuk Pemda,” pungkasnya. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*