SK Telekom Luncurkan Jaringan Nirkabel Tercepat di Dunia

sk_telekomSEOUL – Operator seluler terbesar Korea Selatan, SK Telekom meluncurkan jaringan internet nirkabel tercepat di dunia. Dengan menggunakan jaringan long-term evolution-advance (LTE-Advanced), untuk mengunduh sebuah film berkapasitas 800 MB hanya perlu waktu 43 detik. Ini bisa terjadi karena kecepatan transfer LTE-Advanced mencapai 150 mega bytes per detik (Mbps).

Jika dibandingkan kecepatan transfer LTE konvensional (4G) yang mencapai 80 Mbps, maka kecepatan LTE-Advanced hampir dua kali lipatnya. Atau, 10 kali lipat bila dibandingkan dengan kecepatan layanan internet 3G.

Mengutip kantor berita Yonhap, laman Daily Mail, Rabu (26/6), menyebut jaringan internet nirkabel supercepat itu baru tersedia di Seoul dan sekitarnya.  Layanan internet terbaru SK Telekom semakin mengukuhkan Korea Selatan sebagai negara dengan akses internet tercepat di dunia.

Hal ini didukung dengan penyerapan teknologi yang dilakukan produsen ponsel di negara tersebut. Sebagai bukti, Samsung Electronics sudah mengeluarkan ponsel pertama berteknologi LTE-A yakni Galaxy S4 LTE-A.

Penetrasi penggunaan LTE-A diperkirakan bakal terus meningkat menyusul rencana SK Telecom merilis 7 handset LTE-A sampai akhir tahun 20013. Jumlah ponsel berteknologi LTE-A dipastikan bakal meningkat lagi menyusul rencana LG Electronics untuk ikut terlibat merilis ponsel sejenis.

Hingga saat ini, sebanyak 60% atau sekitar 33 juta pengguna aktif ponsel di Korea Selatan sudah berlangganan jaringan 4G.  Kapan ya di Indonesia?(pra/jpnn)