SK Bundra Masih di Meja Mendagri

mendagriBENGKULU,BE- Beredar kabar jika Surat Keputusan (SK) pengangkatan Bupati Seluma definitif Bundra Jaya sudah turun ke Bengkulu. Namun saat dikonfirmasi ke Biro Adminsitrasi Pemerintahan Setda Pemprov dan Kemendagri, SK tersebut belum turun.
Kapuspen Kemendagri Reydonizar Moenok mengatakan jika SK Bupati Seluma Bundra Jaya, sedang di meja Mendagri setelah melalui beberapa proses di Dirjen Otda, serta telah melewati kajian hukum di Kemendagri.

“Siang tadi (kemarin) sudah naik di meja Pak Menteri, dalam beberapa hari ini, Insya Allah akan selesai,” katanya.
Senada diungkapkan Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setda Pemprov Drs Hamka Sabri. Kabar terakhir, ia mengatakan SK pengangkatan Bundra Jaya sebagai bupati masih di meja Mendagri. “Masih proses, kalau mendagri  sudah tanda tangani, ya langsung turun,” katanya.

Menurutnya, SK tersebut sudah beberapa hari di meja Mendagri, karena kesibukkannya belum ditandatangani. Ia yakin dalam waktu dekat ini sudah turun. “Nanti kalau sudah turun langsung kita serahkan ke DPRD Seluma,” katanya.
Sedangkan proses pelantikan akan diserahkan kepada Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Seluma, untuk dijadwalkan. Pemprov Bengkulu akan menyerahkan secepatnya berkas SK bupati definitif secepatnya bila sudah turun. Sekaligus, ia membantah sudah menerima SK tersebut. “Belum turun, kalau turun untuk apa ditahan-tahan,” katanya.

Rapat Banmus
Sementara itu Ketua DPRD Seluma Drs Zaryana Rait justru menerima informasi jika SK pelantikan Bundra Jaya sebagai Bupati Seluma diterima, Kamis (31/1) siang oleh Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah. Jika benar demikian, pihaknya akan mengundang Badan Musyawah (Bamus) guna mengadakan rapat membahas jadwal pelantikan.

“Kalau SK pelantikan pak Bundra Jaya sudah sampai di meja Gubernur Bengkulu, selanjutnya tinggal menunggu waktu pelantikan saja,” terang politisi PKPI ini.

Dijelaskan DPRD masih harus menyesuaikan dengan kesiapan Gubernur Bengkulu. Sebab yang melantik Bundra nantinya adalah gubernur. Rencananya rapat membahas pelantikan pada Senin (4/2) mendatang. Setelah ditetapkan waktunya, kemudian akan dilakukan rapat paripurna pelantikan Bundra Jaya sebagai Bupati Seluma.

“Senin pekan depan akan dibahas oleh Bamus mengenai rencana paripurnanya, untuk menetapkan waktu pelantikan,” ujarnya.
Terkait posisi wakil bupati, masih akan dibahas lebih lanjut. Jika memang bupati definitif membutuhkan pendamping maka partai pengusung PKPI akan melakukan penjaringan kandidat. Tentunya juga melibatkan partai pengusung lainnya seperti PKS.
“Partai pengusung nantinya akan diberikan hak untuk mengusung kandidat wakil,“terangnya.(333/100)