Situs Pendaftaran Online CPNS Dibuka Pasca Pengumuman

large-test-cpns
Foto ; IST

Rekrutmen CPNS Sistem Satu Pintu

JAKARTA, Bengkulu Ekspress – Para pemburu kerja pegawai negeri sipil di Bengkulu boleh bersiap-siap. Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 bakal terapkan sistem satu pintu.

Cara rekrutmen ini dipastikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia (RI). “Untuk mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS, akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi,” ungkap Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, dilansir dari situs resmi bkn.go.id.

Berbeda dengan proses seleksi sebelumnya. Mulai tahun ini seluruh pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB), hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang akan diselenggarakan BKN, selaku pelaksana panitia seleksi nasional (panselnas).

“Dengan perubahan mekanisme ini seluruh proses seleksi CPNS dipastikan sesuai ekspektasi publik. Selain perubahan dari proses seleksi, pendaftaran CPNS akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi,” bebernya lagi. Dengan perubahan mekanisme ini, alur pendaftaran CPNS dipercaya akan lebih singkat.

“Sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu,” tandasnya.

Di sisi lain, menurut Ridwan, situs pendaftaran bisa diakses setelah pendaftaran CPNS resmi diumumkan.

“Jadi nanti ada waktu antara pengumuman dan pembuka website,” sebutnya. Ridwan mengatakan, pengumuman akan disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

Setelah itu, BKN akan mengumumkan melalui situs sscn.bkn.go.id, media sosial BKN dan Kemenpan RB. Menurutnya akan ada jeda sekitar 14 hari dari pengumuman ke hari pendaftaran atau apply.

“Ada jangka waktu 14 hari minimal pembukaan pendaftaran onlinenya secara resmi kami nyatakan dibuka atau dimulai,” kata Ridwan.

Jeda waktu tersebut dapat digunakan calon pendaftar untuk melihat apa yang ingin dijangkau. Pelamar juga bisa melihat Kementerian atau lembaga dan daerah mana yang akan dipilih. “Dua minggu itu untuk lihat-lihat dulu. agar tidak hectic dan salah pilih, karena saat mengisi harus yakin, karena tidak bisa diubah pilihannya,” kata Ridwan.

Namun, Ridwan belum dapat memberi tahu kapan pendaftaran CPNS akan diumumkan.

Menurut Ridwan BKN sedang menunggu pengumuman dari pemerintah untuk mulai penerimaan CPNS ini. Di lokasi berbeda Asman Abnur mengatakan jadwal pendaftaran CPNS akan dipublikasi dalam waktu dekat. “Lagi kita finalisasi. Jadi nanti kalau sudah final saya umumkan. Itu ikan sepat ikan gabus, makin cepat makin bagus,” kata Asman.

Ia menyebut jumlah PNS yang akan direkrut mencapai 220-250 ribu orang. Namun Asman enggan membocorkan gambaran formasi CPNS itu karena butuh waktu untuk melakukan finalisasi.

“Kementeriannya bersama BKN masih memperhitungkan sejumlah faktor, seperti jumlah pegawai yang akan pensiun tahun ini dan belanja pegawai di pemerintah pusat dan daerah,” beber Asman.

Sementara itu, menurut Asman, pengumuman resmi pendaftaran CPNS 2018 menunggu keputusan soal kemampuan keuangan negara. Asman mengatakan, kementerian dan lembaga telah mengajukan formasinya ke kementeriannya. “Kami masih merundingkan kemampuan keuangan negara. Kalau keuangan negara sudah memungkinkan maka akan saya umumkan,” ujar Asman.

Asman mengatakan kementeriannya juga tengah melakukan validasi atas formasi yang akan dibuka dalam seleksi CPNS 2018. Ia belum bisa memastikan kapan akan mengumumkan ihwal pembukaan seleksi CPNS 2018. “Pokoknya secepatnya. Tahun ini kami umumkan,” pungkasnya.(gnr/jpg)