Siti Akan Tingkatkan SDM ASN //Jika Lolos Jadi Sekda BU

Bengkulu Utara (BU)

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress- Kepala Dinas Perdagangan Bengkulu Utara (BU), Ir Siti Qoriah Rosydiana MM tidak main-main ikut dalam seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu Utara. Bahkan minggu depan, yakni hari Senin-Rabu (10-12/7) ia akan mengikuti Uji Kompetensi Manajerial bersama 3 calon sekda lainnya di PKP2A Lembaga Adminstrasi Negara (LAN) Jatinangor, Bandung.

‘’Saya dari dulu terbiasa mengikuti tes, jadi harus sudah siap. Jadi gak ada itu yang sekedar ikut-ikutan tes,’’ ujar Siti panggilan akrabnya kepada BE ditemui, kemarin (7/7).
Untuk itu, ia mengaku sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi Uji Kompetensi Manajerial yang akan diselenggarakan langsung di PKP2A LAN Jatinangor Bandung minggu depan. Bahkan kisi-kisi materi tes sudah dipelajari sebagai bekal menghadapi tes nanti.

‘’Insya Allah saya siap mengikuti seleksi terakhir ini. Tentu harapannya mendapatkan nilai terbaik,’’ ungkapnya.
Ia menyampaikan, jika lulus dan diberikan kepercayaan menjadi Sekda Bengkulu Utara, hal utama yang akan difokuskan yakni peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurutnya, kemajuan dapat dicapai melalui SDM yang berkualitas.

‘’Paling tidak harus ada perubahan dari sisi ASN. Jadi, dari sisi SDM-nya kita tata kembali agar dalam melaksanakan pekerjaan, ASN benar-benar memahami sesuai aturan,’’ terangnya.
Selanjutnya yakni menyesuaikan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati (Wabup). Karena ASN dengan SDM yang kuat, maka akan mudah mengsingkronkan apa yang menjadi keinginan akan dicapai pimpinannya.

‘’Setelah kita benahi dan tingkatkan SDM ASN, maka tinggal melakukan penyesuaian dengan visi dan misi yang akan dicapai Pak Bupati. Sehingga ASN siap mensukseskan pembangunan yang diharapkan bupati,’’ tuturnya.
Ia melanjutkan, persoalan mengenai lolos atau tidak, merupakan hal yang biasa. Karena dalam setiap perlombaan pasti harus ada yang menang dan kalah. Untuk itu, ia juga mengaku sudah siap jikapun nanti belum lolos seleksi.

‘’Namanya saja perlombaan. Jadi pasti ada yang menang dan ada kalah. Saya juga sudah siap menghadapi kemenangan maupun kekalahan nantinya. Setidaknya saya sudah berusaha dengan serius,’’ pungkasnya.(816)