Sita Perhatian Nasional, Plt Gub Minta Lokasi Rafflesia Mekar Jadi Tujuan Wisata

rafflesia mekarBENGKULU, bengkuluekspress.com – Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengunjungi lokasi mekarnya Bunga Rafflesia Arnoldi di Desa Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah dan tempat konservasi Bunga Bangkai di Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang, Minggu (22/10/2017).

rafflesiaSaat ini, keberadaan puspa langka di Provinsi Bengkulu telah menyita perhatian nasional. Oleh karena itu untuk lebih meningkatkan potensi itu, Rohidin meminta agar lokasi tempat puspa langka biasa mekar bisa menjadi salah satu tujuan wisata bertajuk Tour De Rafflesia.

“Memang bukan pekerjaan mudah untuk mewujudkan itu. Tapi bukan juga hal yang mustahil untuk diwujudkan,” kata Rohidin saat mengunjungi lokasi mekarnya puspa langka.

Menurutnya, langkah utama yang harus dilakukan seperti identifikasi lokasi mekarnya bunga langka. Dengan itu nanti akan diketahui di titik mana saja bunga Raflesia ataupun bunga bangkai mekar.

“Termasuk juga prediksi mekarnya pada waktu sempurna. Dari sana nantinya kita bisa memandu wisatawan untuk berkunjung secara langsung,” terangnya.

Dalam identifikasi, lanjut Rohidin, bisa mengandeng akademisi dari Universitas yang ada di Bengkulu ini. Dengan begitu nantinya pasti potensi puspa langkah ini bisa menjadi tour wisata daerah.

“Apalagi saat ini puspa langka yang dimiliki provinsi kita sudah menyita perhatian nasional, bahkan juga sudah mendunia,” tegas Rohidin.

Lanjut Rohidin, pemerintah pusat sendiri sudah meminta agar puspa langka itu bisa mendatangkan income bagi daerah. Maka tak ada kata lain kecuali mengemas potensi tersebut menjadi sedemikian rupa.

“Makanya salah satu caranya, menjadikan potensi puspa langka ini menjadi tour wisata daerah. Sehingga pada saat ada event daerah, wisatawan yang datang ke Bengkulu bisa diajak melihat langsung puspa langkah yang kita miliki,” tutupnya. (Dil/Adv)