Sita 3 Derigen Tuak

IST/Bengkulu Ekspress
SITA: Anggota Mapolsek Pino Raya dalam operasi cipta kondisi, Sabtu (19/1) malam berhasil menyita 3 derigen tuak dari rumah warga.

PINO RAYA, Bengkulu Ekspress– Polres Bengkulu Selatan (BS) rutin menggelar operasi cipta kondisi dan juga operasi penyakit masyarakat. Sabtu (19/1) malam giliran anggota Mapolsek Pino Raya menemukan tuak dari warung warga. “ Hasil operasi kami malam tadi (kemarin malam red), kami menemukan 3 derigen tuak,” kata Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Rudy Purnomo SIK MH melalui Kapolsek Pino Raya, AKP Syafriza SH.



Syafrizal mengatakan, operasi tersebut digelar Sabtu malam mulai pukul 19.30 WIB. Saat itu, pihaknya mendatangi warung dan rumah warga yang diduga menjual tuak dan minuman keras (miras). Hanya saja dari beberapa warung dan rumah yang didatangi, hanya di rumah Uj (48) warga Desa Suka Bandung, Pino Raya yang berhasil ditemukan tuak. Tuak tersebut disimpan dalam derigen muatan 5 liter. Sehingga total tuak yang ditemukan sebanyak 15 liter.

Hanya saja, mengingat Uj baru satu kali ini ditemukan tuak, sehingga hanya diberikan pembinaan. “ Uj membuat surat perjanjian di atas materai, namun jika kembali menjual tuak, akan kami proses hukum,” ujarnya. Syafrizal menambahkan, dari keterangan Uj, dirinya baru dua minggu ini menjual tuak. Adapun tuak yang dijualnya bukan dibeli dari orang lain.

Melainkan diproduksinya sendiri. Kemudian tuak produksinya itu dijualnya Rp 11 ribu per liter. Sehingga tidak dipasok dari daerah lain. Selain itu, hanya dijualnya sendiri, bukan dalam jumlah besar.“ Kami akan rutin menggelar operasi cipta kondisi untuk menekan peredaran tuak dan miras, sebab dengan mengkonsumsi miras dan tuak dapat memicu kriminalitas,” terang Syafrizal. (369)