Siswi Tak Boleh Berketat-ketat

7806_6325__ilus-jagat

DEVILS Lake High School, North Dakota, Amerika Serikat, punya aturan anyar. Para siswi dilarang memakai legging, celana yoga, dan jins ketat. Dress code baru itu ditujukan agar perhatian para guru dan siswa cowok tidak teralihkan.
Pernyataan resmi sekolah itu menyebutkan bahwa peraturan tersebut tidak bermaksud untuk menjadikan para siswi sebagai objek. Namun, tujuan utamanya, para lelaki tetap bisa berfokus pada tugas-tugas di sekolah. Selain itu, wakil kepala sekolah pernah memergoki dua siswi menonton film lawas Pretty Woman. Mereka mendiskusikan apakah bisa memakai baju tokoh utama –diperankan Julia Roberts– yang berprofesi pelacur di sekolah.
Tentu saja, para siswi menolak keras aturan anyar itu. ’’Ini kan sudah pakaian kami sehari-hari,’’ semprot Mariah Fixen, siswi tingkat akhir.
Siswi lain menyebut bahwa sekolah harus berfokus pada hal-hal yang lebih penting ketimbang mengurusi baju ketat para siswi. Misalnya, bullying. ’’Banyak kasus di online. Orang saling menjelekkan lewat twitt. Itu isu yang lebih besar. Kami harus bebas memakai apa yang kami inginkan,’’ katanya. (Mirror.co.uk/NY Daily News/c6/dos)