Siswa SMP Terbaik 9 Kabupaten/Kota Berlaga di LCC

2.LCC Dikdas (2)BENGKULU, BE – Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Bengkulu menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP antar kota/kabupaten se-Provinsi Bengkulu. Lomba ini tujuannya untuk menghadapi event nasional Olimpiade Sains Nasional (OSN). LCC yang berlangsung selama 3 hari ini dikuti 54 peserta. Mereka dari 8 kabupaten dan 1 kota bersaing untuk menjadi yang terbaik.
Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dispendik Drs H Nurafik MPd mengatakan, peserta LCC ini terbagi dalam 27 siswa SD dan 27 siswa SMP. ”Ada satu daerah yang tidak mengirimkan wakilnya, yaitu Kabupaten Seluma. Karena tidak hadir dalam kegiatan kemarin,” jelas Nurafik pada BE kemarin.
Kegiatan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana keberhasilan proses belajar antar sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu. ”Dari LCC ini dapat terlihat daerah mana yang mengalami peningkatan proses belajar mengajarnya. Sekaligus juga menjadi persiapan provinsi untuk menghadapi gelaran OSN nanti,” katanya.
Hal senada diungkapkan oleh Ketua Panitia yang juga Kasi Dikdas, Amdaryani. Dia mengatakan, momen LCC ini menjadi tempat bagi Dispendik untuk mencari siswa terbaik yang akan bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. “Memang tujuannya untuk mencari bibit pelajar berkualitas. Soalnya kan kalau main comot susah. Ini kita seleksi secara nyata. Mudah-mudahan dari kegiatan seperti ini kita bisa menemukan pelajar terbaik, dengan harapan bisa meraih prestasi di tingkat nasional. Contohnya kemarin ketika kita dapat meraih medali perunggu di OSN Batam. Dari situ menandakan, kalau kita punya anak didik yang cerdas dan tidak kalah bersaing dengan daerah lain,” jelasnya. (cw6)