Siswa SMP Kaur Lulus 100 Persen

Endy Yurizal

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Ditengah pandemi Covid-19, kelulusan SMP dan MTs diumumkan serentak Jum’at (4/6). Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur mencatat prestasi kelulusan siswa kelas IX SMP dan MTs tahun pelajaran tahun 2021 ini yakni 100 persen. Sedangkan untuk 12 siswa tidak lulus karena telah Drop Out (DO) dari sekolah sehingga dinyatakan tidak lulus.

“Kami sudah mendapat hasil rekapan kelulusan dari sekolah masing-masing dan hasilnya kelulusan SMP tahun ini 100 persen lulus terkecuali yang memang DO,”kata Kepala Dispendik Kaur Endy Yurizal SP, Jum’at (4/6).

Dikatakan Endy, dimana semenjak dua tahun terakhir ini kelulusan hanya ditentukan oleh sekolah sama halnya dengan kenaikan kelas. Sehingga tidak ada lagi siswa peraih nilai Ujian Sekolah (US) tertinggi di tengah wabah Covid-19. Berdasarkan data jumlah peserta yang terdaftar di Dapodik tahun 2021 ini di Kaur sebanyak 1.832 siswa. Namun dari jumlah yang ada yang dinyatakan lulus sebanyak 1.820 siswa yang terdiri dari laki-laki 922 orang dan perempuan 898 orang. Jadi ada 12 siswa yang tidak lulus mereka adalah siswa yang telah lama DO dan tidak mengikuti ujian akhir sekolah tahun 2021.

“Untuk pengumuman kelulusan itu dilakukan melalui website atau media sosial milik sekolah. Sekolah dilarang menempel pengumuman kelulusan dipapan pengumuman atau tempat lain, ini guna menghindari kerumunan ditengah pandemi Covid-19 ini,”terangnya.

Ditambahkannya, untuk pembagian ijazah tingkat SMP dan MTs di setiap sekolah nanti diminta agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yakni selalu menerapkan 3M yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Juga untuk siswa agar tidak melakukan aksi coret-coretan dan konvoi kendaraan.

“Kita minta kepada siswa agar tidak coret-coretan dan konvoi serta selalu patuhi Prokes. Juga saya harap para guru dapat mensosialisasikan imbauan pemerintah terkait dengan pencegahan Covid-19 ini,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*