Siswa SMA Ikuti USBK

USBK : Para siswa SMAN 1 Kaur saat menjalani USBK yang digelar secara serentak, Rabu (4/3).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Sejumlah sekolah tingkat SMA di Kabupaten Kaur sejak 2 Maret yang lalu hingga 10 Maret mendatang, mulai mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Komputer (USBK).

USBK sendiri pengganti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yang sudah dihapuskan. Salah satu kegiatan USBK sendiri seperti digelar oleh SMAN 1 Kaur rabu (4/3).

“Total siswa yang ikut USBK di SMAN 1 Kaur ini berjumlah 203 siswa rinciannya IPA 123 siswa dan IPS 80 siswa, Alhamdulillah tak ada masalah, ada 10 mata pelajaran yang di USBK-kan,” kata Kepsek SMAN 1 Kaur, Drs Amrizal MM yang sekaligus ketua MKKS tingkat SMA rabu (4/3).

Dikatakannya secara keseluruhan sebanyak 1.016 siswa yang mengikuti USBK. Rinciannya 829 siswa SMA menggunakan kurikulum 2013 dan sebanyak 187 siswa yang menggunakan kurikulum 2006 yang menyelenggarakan USBK. Mereka berasal dari 13 sekolah baik negeri dan swasta.

Rinciannya 11 negeri dan 2 swasta.“USBK ini ada beberapa soal yang didatangkan dari provinsi namun juga ada soal dibuat lokal. Sistemnya menggunakan data offline yang mana soal itu diinfut disever dengan menggunakan sistem LAN ke komputer,” imbuhnya.

Ditambahkannya, meski sistem offline namun pihaknya menjamin tidak ada kebocoran soal apalagi sampai ketangan siswa, USBK sendiri menyumbang beberapa persen untuk mengisi hasil Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) yang nantinya akan dilakukan berbagai penghitungan.

Sehingga bisa dipastikan pula USBK juga merupakan penentu kelulusan dari siswa yang bersangkutan. “Kalau tak ikut USBK maka tak lulus UNBK sebab ini juga syarat untuk UNBK,” tandasnya. (618)