Siswa SD Lulus 100%

== Endy Yurizal==

SDN 1 Dominasi Nilai Tertinggi

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Pelaksanaan ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten Kaur tahun 2019 dinilai sukses dan sangat memuaskan. Sebab, dari 2.375 peserta USBN di 141 sekolah SD sederajat yang ikut ujian, berhasil lulus 100 persen. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten (Dispendik) Kaur, Endy Yurizal SP, Rabu (12/6).

Kelulusan ini berdasarkan hasil rapat yang dilakukan masing-masing sekolah, sehingga tidak ada kendala mengenai hasil kelulusan semua 100 persen dan juga tingkat kelulusan SD pencapaian kelulusan yang sangat memuaskan. “Alhamdulillah kelulusan SD 100 persen lulus semua. Baik SD negeri maupun swasta,” kata Endy kemarin (12/6).



Dikatakannya, untuk prestasi ini sama dengan yang diraih tahun lalu, dimana tingkat kelulusan SD di Kabupaten Kaur mencapai 100 persen. Dari hasil pendataan, saat pelaksanaan USBN lalu ada 9 siswa SD sederajat yang memang tidak mengikuti USBN tanpa keterangan dan yang bersangkutan drop out (DO), sehingga yang bersangkutan otomatis tidak lulus USBN tahun 2019 ini. Keberhasilan peserta UN SD itu harus menjadi tolok ukur pada UN berikutnya.

“Ya untuk sembilan siswa yang tidak ujian atau DO itu, mereka sudah tidak dinilai dan dinyatakan tidak lulus. Juga ini harus dipertahankan, artinya tahun depan tidak boleh ada yang tidak lulus,” harapnya.

Lanjutnya, kelulusan tahun ini ada beberapa sekolah di Kabupaten Kaur yang justru memiliki prestasi yang terbaik atau siswanya yang masuk 10 besar nilai UN tertinggi, yakni SDN 1 Kaur, SDN 11 Kaur, SDN 21 Kaur dan SDN 95 Kaur. “Paling banyak yang meraih nilai tertinggi UN 2019 ini SDN 1 Kaur. Nilai US tertinggi yakni 265,1 dan paling rendah dari 10 besar itu 257,4. Untuk nilai tertinggi UN itu anak Sekda Kaur,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya mengucapkan selamat kepada siswa yang berhasil lulus USBN tahun ini. Dia juga meminta kepada para siswa yang lulus untuk tidak meluapkan kegembiraan secara berlebihan.  “Kita minta kepada siswa SD untuk lebih mempersiapkan diri untuk melaju ke jenjang berikutnya,” jelasnya.(618)