Siswa Miskin Bisa Masuk SMA Taruna

Siswa Miskin Bisa Masuk SMA Taruna
Siswa Miskin Bisa Masuk SMA Taruna

Pemkab Bengkulu Utara Sediakan Beasiswa

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Bagi para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berprestasi berpeluang untuk masuk SMA Taruna Nusantara, di Magelang Jawa Tengah. Bahkan, untuk mengapresiasi siswa terbaik dari kalangan yang kurang mampu, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menyediakan beasiswa khusus putra/putri asli Bengkulu Utara.

‘’Beasiswa ini hanya untuk siswa kurang mampu, namun berprestasi. Jika memenuhi persyaratan, maka Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara menyediakan beasiswa,’’ ujar Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten BU, Margono SPd melalui Kabid Pembinaan SMP, Kusno MPd.

Ia menambahkan, berdasarkan petunjuk pelaksana (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Lembaga Pembelajaran Tinggi Taruna Negara (LPTTN) SMA Taruna Negara terkait pelaksanaan seleksi masuk ke SMA Taruna.

Seluruh rangkaian seleksi akan diadakan di Korem 041/Gamas Bengkulu. Mulai dari administrasi, tes kesehatan fisik jasmani dan rohani, serta kemampuan akademik.

‘’Jadi, pendaftarannya dimulai Januari lalu, dan akan berakhir pada tanggal 29 Maret 2018 ini atau 4 hari lagi,’’ ungkapnya.
Ia juga menyampaikan persyaratan jalur beasiswa dan jalur siswa berprestasi berbeda-beda. Untuk jalur beasiswa, 4 mata pelajaran Ujian Nasional (UN), yakni Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) harus memiliki nilai rata-rata 85. Sedangkan mata pelajaran pendukung lainnya harus mencapai nilai rata-rata 80. Kemudian, penghasilan orang tua maksimal Rp 5 juta bagi siswa yang tidak mampu.

‘’Kalau penghasilan orang tua siswa lebih dari Rp 5 juta per bulan, dan siswa itu berprestasi, maka bisa masuk melalui jalur umum, bukan beasiswa. Karena, beasiswa hanya untuk siswa yang tidak mampu, namun berprestasi,’’ terangnya.

menyebutkan, Pemkab Bengkulu Utara tidak bisa mengintervensi terkait persyaratan hingga kelulusan siswa agar mendapat beasiswa tersebut. Apalagi seleksi itu sepenuhnya dilakukan oleh Korem dan LPTTN Magelang.

‘’Kita dari daerah tidak bisa ikut campur. Karena murni diseleksi Korem dan LPTTN,’’ pungkasnya.(816)