Siswa MAN IC Bengkulu Tengah Ciptakan Robot Deteksi Suhu Tubuh

Ist/BE
Siswa/siswi Madrasah Insan Cendekia MAN IC) Bengkulu Tengah, menciptakan robot pendeteksi suhu tubuh. Pembuatan robotik ini sebagai persiapan MAN IC mengikuti lomba robotik madrasah tingkat nasional 2021.

BENGKULU, BE – Masa pandemi covid-19 dimanfaatkan siswa/siswi Madrasah Insan Cendekia MAN IC) Bengkulu Tengah, menciptakan robot pendeteksi suhu tubuh. Pembuatan robotik ini sebagai persiapan MAN IC mengikuti lomba robotik madrasah tingkat nasional, yang dijadwalkan di Bekasi pada 9 Januari 2021. Hanya saja, karena dalam masa pandemi covid-19 pelaksanannya ditunda dan menunggu informasi lebih lanjut.

Kepala MAN IC Bengkulu Tengah Imam Ghozali MPd kepada BE Senin (4/1) menuturkan, “Satu tim MAN IC yang terdiri dari dua siswa kelas 11 peserta lomba tersebut, terus dibimbing dibawah pembinaan guru. Sehingga perangkat alat perekam suhu tubuh manusia ini memiliki keakuratan kinerja yang baik dan cepat.”

Alat pendeteksi tubuh ini bekerja untuk menangkap suhu tubuh manusia. Kemudian, oleh perangkat mini komputer diproses menjadi peringatan jika orang yang dicek suhu tubuhnya memiliki suhu tubuh diatas suhu yang ditetapkan. Robot merekam suhu tubuh manusia, jika melebihi batas maksimal secara otomatis memberikan peringatan. Begitu juga jika orang tidak mengenakan masker.

”Diharapkan dengan robotik tersebut mampu mencegah penyebaran virus korona,” harapnya.

Masih dikatakan Imam Ghozali, kompetisi robotik madrasah ini sudah digelar sejak oktober 2020. Tim dari MAN IC Bengkulu Tengah, sudah masuk dalam 10 besar tingkat nasional.

”Sekarang masih menunggu kompetisi untuk memperebutkan juara. Harapannya tim MAN IC Bengkulu Tengah mampu lolos dalam tiga besar. Mohon doa dan dukungan semua pihak,” tandas Imam mengakhiri. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*