Siswa Kota Borong Nilai UN Tertinggi

Siswa Peraih Nilai UN SMP tertinggiBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Hasil nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  banyak memberikan kejutan. Walau  jumlah  nilai UN jenjang SMP/MTs  di raih Kabupaten Bengkulu  Tengah (Benteng), namun tak satupun siswi Kabupaten Benteng masuk kategori siswa  dengan nilai tertinggi se-Provinsi Bengkulu.

Peraih nilai UN tertinggi se-provinsi Bengkulu masih didominasi  atau disapu bersih siswa/siswi dari Kota Bengkulu.

Peraih nilai UN tertinggi SMPN 1 yang juga peraih nilai sempurna (100)
Peraih nilai UN tertinggi SMPN 1 yang juga peraih nilai sempurna (100)

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, peraih nilai UN tertinggi di sumbang dari  tiga sekolah, yakni dua sekolah negeri dan satu  sekolah swasta. Nilai UN tertinggi 9 siswa dari sekolah negeri dan satu swasta, rincianya 8 siswa SMPN 1 Kota Bengkulu, 1 SMPN 2 Kota Bengkulu serta 1 siswa SMPT Iqro’ Bengkulu.

Nilai UN tertinggi  pertama diraih Muthia Dwi Febrianti  dari SMPN 1 Kota Bengkulu, ia berhasil mengumpulkan total nilai (381.50)  dengan nilai   mata pelajaran yang diperoleh masing-masing Bahasa Indonesia (94.00)  Bahasa Inggris (90.00), Matematika (100.00) dan IPA (97.50),  selisih  satu 1,00 point (38.50)   menempatkan  Chairunnisa Dara Rafflesia asal SMPN 2 Kota Bengkulu di  peringkat kedua,  dengan rincian nilai  bahasa Indonesia (94.00) Bahasa Inggris ( 94.00) Matematika (97.50)   total nilai peringkat ketiga diraih Dhea Gandra Saniyyah  dari SMPN 1 Kota Bengkulu,  dan  Afifah Olfa Putri  merupakan satu-satunya siswi  dari sekolah swasta yang berhasil menyabet di 10 besar (lihar grafis-red).

Peraih Nilai 100Tidak hanya itu,  peraih nilai sempurna (100)  masih di dominasi kota Bengkulu. Dari 31 siswa/siswi peraih nilai sempurna, diketahui 27 siswa dari kota Bengkulu, yang paling mengharukan   terbanyak disumbang dari SMPN 1 Kota Bengkulu sebanyak 11 orang,  8 siswi SMPN 4 Kota Bengkulu, 2 orang dari SMP IT Iqro’ kota Bengkulu,  1 orang dari SMPN 3 Kota Bengkulu, SMPN 6 Kota Bengkulu, SMPN 7 Kota Bengkulu dan selebihnya dari  Curup, Kepahiang, Mukomuko dan  Talang Empat Bengkulu Tengah.

Ketua Panitia Ujian Nasional (UN)  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, R Wahyu DP menuturkan,  hasil  nilai UN  dengan sistem  komputer benar-benar hasil real siswa dalam mengerjakan soal  UN.

Alhasil,  SMPN 1 Kota Bengkulu yang baru kali pertama menerapkan  UN sistem komputer masih  menjadi sekolah bertahan selama tiga tahun berturut-turut.  Peraih nilai tertinggi UN tahun ini, rata-rata disumbang dari sekolah dari sekolah yang menyelenggarakan UNBK.

“Sejak adanya UNBK,  dengan hasil ini menjadi penentu kebijakan  tahun depan wajib menggunakan UNBK,” ujar Wahyu.

Sementara itu Kepala SMPN 1 kota Bengkulu, Idiarman MPd  terlihat sumringah,  ia sangat bersyukur  dengan   prestasi yang diperoleh anak didiknya.

Ia mengaku, hal itu tidak lepas dari usaha dan program yang diterapkan sekolah. Dalam mencapai  nilai terbaik itu,  sekolah menerapkan program intensif belajar, morning break,  mercusuar dan lainya.

Selama ini semangat anak untuk belajar tinggi. Pukul 06.00 WIB, siswa/siswi  sudah harus  sampai di sekolah, setelah pulang pukul 14.00 WIB siswa harus masuk lagi untuk masuk pembahasan soal, intensif soal UN, dengan  mata pelajaran tertentu. Mercusuar dengan mengelompokkan.

“Alhamdulillah hasilnya memuaskan dan  menggembirakan semua pihak, ” terangnya.

Masih menurut Idiarman, dengan peraih nilai terbaik provinsi, dirinya sudah meyakini bahwa siswa/siswinya akan masuk dalam deretan siswa siswi dengan nilai tertinggi. Peraih nilai sempurna (100) tahun ini pun mengalami peningkatan jika tahun lalu 2015/2016  hanya 4 siswa peraih nilai sempurna, tahun ini mencapai 11 siswa.

Semua prestasi itu  tak lepas dari dukungan semua pihak, terutama komite yang sudah mendukung dan selalu hadir dalam setiap kegiatan. Dukungan ini sangat berarti untuk penjaminan mutu, serta walimurid, sehingga  upaya yang kita lakukan  hasilnya maksimal.

Sebagai juara bertahan selama tiga tahun berturut-turut, Idiarman  tetap menargetkan tahun 2018  tetap berjaya. “Kami akan lebih mengintensifkan lagi program yang ada, sehingga tahun  depan bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujar Idiarman.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu Klaim Lulus 100 %

Sementara itu, hasil kelulusan Ujian Nasional jenjang SMP sudah dilakukan Jumat (2/6)  di satuan pendidikan.  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu mengklaim  seluruh siswa Kota Bengkulu lulus 100% dengan nilai rata-rata memuaskan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Drs  Zainal Azmi MTPd saat dikonfirmasi mengatakan, dari 6.197 siswa yang terdaftar peserta ujian nasional dan mengikuti ujian nasional dinyatakan lulus pihak sekolah. “Alhamdulillah  kota lulus 100 %, ” katanya.

Diakuinya, jumlah siswa yang tidak mengikuti UN sebanyak 59 siswa/siswi, namun mereka ini bukan tidak lulus tapi karena sudah Drop Out  sebelum pelaksanaan UN dilakukan. Mereka disumbang dari 51 siswa peserta UNKP dan 8siswa peserta  UNBK. Jadi untuk peserta yang telah mengikuti UN  lulus semua.

Zainal  bangga walau Kota Bengkulu  berada di urutan kedua jumlah nilai rata-rata se-Provinsi Bengkulu, namun nilai UN  tertinggi  didominasi siswa/siswi kota Bengkulu. Kedepan  siswa/siswi yang  berprestasi akan diapresiasi dengan pemberian reward.(247)