Siswa Bisa Cek Kuota SNMPTN

logo

BENGKULU BE – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan kuota peserta Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) 2021. Siswa bisa melihat jumlah kuota sekolah mereka dilaman LTMPT.

”Caranya pilih sub menu Kuota Sekolah,” ungkap Pejabat Pemberi Informasi Daerah Universitas Bengkulu (PPID UNIB)Yar Johan pada BE Selasa (29/12).

Sesuai ketentuan, Sekolah yang terakreditasi A mendapat kuota 40 persen untuk SNMPTN tahun depan. Sekolah dengan akreditasi B mendapat 20 persen, serta akreditasi C dan tidak terakreditasi mendapat kuota sebesar 5 persen.

Dijelaskan Yar Johan,SNMPTN 2021, sedikit berbeda dengan tahun lalu. Perbedaan itu, sekolah diberi wewenang menentukan siapa saja siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN 2021.

“Jika kuota siswa sudah ditentukan. Sekolah memeringkatan siswa mana yang berhak mengikuti seleksi SNMPTN 2021,” cetusnya.

Selanjutnya, pemeringkatan dilakukan berdasarkan perhitungan mata pelajaran. Untuk jurusan IPA dilihat mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, kimia, fisika, dan biologi. Untuk jurusan IPS, mata pelajaran untuk pemeringkatan adalah matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sosiologi, ekonomi dan geografi, Jurusan Bahasa mata pelajaran yang digunakan adalah matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing.

Untuk siswa SMK, pemeringkatan menggunakan nilai mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian.

“Sekolah juga bisa menambahkan prestasi akademik lainnya,” imbuhnya.

Yar juga berpesan pada calon mahasiswa untuk memikirkan dengan matang program studi apa yang dipilih pada SBMPTN. Karena, setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

“Khusus jalur SNMPTN, calon peserta diizinkan memilih 2 program studi. Kalau memilih 1 program studi boleh di PTN mana pun. Kalau memilih 2 program studi, salah satu PTN harus memilih di daerah SMA sekolah berada,” terangnya. (247)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*